70 / 100 Skor SEO

Padahal, sisi timur dan barat ini hanya berjarak 3,8 kilometer saja.

Selama 3.000 tahun yang lalu, Pulau dihuni oleh orang-orang Yupik dengan menjalani gaya hidup subsisten (sekadar seperlunya). Mereka terbiasa untuk memunuhi kebutuhan seadanya atau berburu secukupnya. Tak ada masalah tentang batas negara bagi orang-orang lawas seperti Yupik , apalagi ihwal perbedaan zona mereka belum mengerti hal ribet semacam itu.

Persoalan tersebut, timbul tak lama setelah Serikat membeli pada 1867. Dalam kesepakatannya, mereka juga membagi Pulau Diomede menjadi dua. Sisi timur (Little Diomede) menjadi milik Serikat, sedangkan sisi barat (Big Diomede) tetap milik .

Hot News :  Kosmologi Bumi Datar Versi Jepang Kuno

Kesepakatan memang telah selesai pada saat itu, tetapi polemik sesungguhnya justru baru dimulai. Meski secara kasat mata (saat melihat peta) Little Diomede-Big Diomede adalah timur-barat, namun status tersebut berbalik seiring letak geografis kedua negara pemiliknya. Little Diomede, AS, akhirnya menjadi sisi barat; Big Diomede, Rusia, ialah sisi timurnya.

Perubahan tersebut tentunya berdampak pada zona waktu di Pulau Diomede, di mana Big Diomede menjadi GMT+12 dan Little Diomede adalah GMT-8. Jadi, walau dua pulau di Diomede ini hanya berjarak 3,8 kilometer, namun perbedaan waktunya yaitu 23 jam.

Dan ditengah-tengah kedua pulau tersebut, terletak garis batas dan tanggal internasional. Hal ini membuat waktu di pulau Big Diomade lebih awal 23 jam dibandingkan little Diomade.
Dan ditengah-tengah kedua pulau tersebut, terletak garis batas dan tanggal . Hal ini membuat waktu di pulau Big Diomade lebih awal 23 jam dibandingkan little Diomade.

Sebagai contoh, jika pada saat ini di Big Diomede menunjukkan pukul 05.00 pagi pada 17 Oktober 2018, maka di Little Diomede masih ‘harus’ menunjukkan pukul 09:00 pagi pada 16 Oktober 2018.

Hot News :  Raksasa dari Cardiff Adalah Hoax Amerika

Itulah mengapa kedua pulau ini kemudian dijuluki Tomorrow dan Yesterday Isle. Sebab, untuk move on dari hari ini, kamu hanya perlu mengayuh perahu agar sampai di ‘hari esok’; pada saat perahumu berlabuh, kamu masih dapat melihat ‘hari kemarin’ dengan berbalik badan.

Content Protection by DMCA.com