Telkom menargetkan peluncuran satelit Telkom 4 pada Mei 2018. (dok. REUTERS/Ilya Naymushin)

Proses pembuatan satelit baru Telkom masih berlanjut hingga saat ini. Direktur Utama Telkom Alex Janangkih Sinaga memperkirakan peluncuran satelit baru Telkom 4 berlangsung di Mei 2018 nanti. “Paling cepat diluncurkan paling Mei, mudah-mudahan bisa lebih cepat,” kata Alex di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (14/12). Waktu peluncuran ini sejatinya lebih cepat dari rencana awal. Proses pabrikasi yang lebih cepat jadi penyebabnya.

Satelit Telkom 4 adalah satelit generasi terbaru yang akan dipakai oleh perusahaan telekomunikasi pelat merah. Satelit ini akan diplot sebagai pengganti Telkom 1 yang bermasalah. Kali ini Telkom menunjuk Space System Loral (SSL) sebagai produsen satelit. Sementara untuk peluncurnya, Telkom mempercayakannya kepada SpaceX.

Sebagai perusahaan roket peluncur, usia SpaceX terbilang muda. Namun portofolio yang mengesankan mereka tunjukkan belakangan ini jadi pemicu Telkom menjatuhkan pilihan ke SpaceX. Alasan pemilihan perusahaan besutan Elon Musk seperti yang pernah diutarakan adalah biaya yang hemat. Hal itu memungkinkan berkat roket Falcon 9 yang bisa terbang berulang kali.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20171214145715-213-262389/satelit-telkom-4-ditargetkan-meluncur-mei-2018

Content Protection by DMCA.com