☀️ Apakah Matahari mengelilingi galaksi bimasakti ? Jika ya, berapa lama kala revolusinya ?

Bulan mengelilingi Bumi, sedangkan Bumi dan planet-planet di tata surya mengelilingi Matahari. Lalu apakah Matahari juga mengelilingi suatu benda langit?

Matahari mengelilingi benda langit, tepatnya pusat galaksi. Pusat galaksi Bimasakti sendiri adalah lubang hitam. Tak hanya Matahari, semua sistem bintang juga bergerak mengelilingi pusat galaksi Bimasakti ini. Galaksi Bimasakti adalah sebuah galaksi spiral yang mempunyai lengan. Nah, Matahari berada di salah satu lengan galaksi spiral ini. Matahari mengelilingi pusat galaksi dalam orbit yang hampir lingkaran, tidak seperti orbit Bumi dan orbit Bulan yang berbentuk elips.

Matahari dan semua planetnya berada di dalam sebuah galaksi yakni Galaksi Bima Sakti. Kalau Bumi dan seluruh planet di Tata Surya bergerak mengelilingi Matahari, maka Matahari dan seluruh sistem di dalamnya bergerak mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti yang selama ini jadi rumahnya. Di dalam galaksi Bima Sakti, Matahari berada di salah satu lengan spiralnya pada jarak 26000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti. Dan pusat galaksi BImasakti merupakan sebuah lubang hitam supermasif.

Matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti dalam orbit yang hampir lingkaran dengan kecepatan 782000 km/jam. Waktu yang dibutuhkan oleh Matahari untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi pusat Bima Sakti adalah 226 juta tahun dan semenjak pertama kali terbentuk 4,6 milyar tahun lalu Matahari baru 20,4 kali mengelilingi pusat Bima Sakti. Matahari akan terus berputar mengelilingi pusat Bima Sakti. Ia masih akan melakukan 31 putaran lagi sampai ia kehabisan bahan bakar hidrogn di inti dan masuk tahap evolusi berikutnya sekitar 7 milyar tahun dari sekarang.

Content Protection by DMCA.com