ads

[media-credit id=”1″ align=”alignleft” width=”300″]7 Aliran Dalam Agama Islam Dan Sejarahnya[/media-credit]

7 Aliran Dalam dan Sejarahnya, dalam salah satu hadis SAW konon akan terpecah menjadi 73 . Dari setiap ini kemudian memahami dan menyampaikan sesuai versi mereka masing-masing. Menurut , aliran dalam mulai muncul ketika perang Siffin (37 H) antara Ali bin Abi Thalib dengan Muawiyah. Pada saat itu kelompok Ali bin Abi Thalib berperang melawan kelompok Muawiyah hingga peristiwa Tahkim menjadi penanda kemenangan pihak Ali bin Abi Thalib. Kekalahan tersebut menjadi dasar Muawiyah untuk mengambil jalan damai dengan pihak Ali bin Abi Thalib. Akan tetapi, inisiatif Muawiyah untuk berdamai tersebut mendapat reaksi yang berbeda dari Ali bin Abi Thalib. Ada yang menyetujui perdamaian tersebut ada pula yang tidak dan berimbas pada perpecahan Ali bin Abi Thalib.

ads

Sejak saat itu, Aliran terus bertambah yang memiliki pendapat dan pemikiran yang berbeda-beda tentang . Apa saja Aliran yang memiliki sejarahnya masing-masing tersebut? Simak rangkumannya berikut ini.

Aliran Khawarij ini merupakan yang keluar dari barisan Ali bin Abi Thalib saat menyikapi perdamaian peristiwa Tahkim oleh Muawiyah. Kata berasal dari bahasa yang berarti keluar. Aliran ini sering disebut aliran ekstrem. Sebab mereka menganggap keputusan Ali dan golongannya yang setuju berdamai dengan Muawiyah adalah dan darahnya.

Berseberangan dengan , aliran sejalan dengan Ali bin Abi Thalib. Bahkan, ini merupakan aliran yang fanatik terhadap Ali bin Abi Thalib. Mereka memiliki pandangan tentang di antaranya menganggap bahwa yang sekarang mengalami perubahan dan . Menurut mereka, yang asli berada di tangan Al Imam Al Mastur ( Imamiyah). Terlebih lagi, ini tidak mengamalkan hadis kecuali dari jalur keluarga SAW. Tidak hanya itu, kelompok ini juga menghalalkan nikah mut’ah atau yang sering disebut kawin kontrak.

Aliran selanjutnya adalah yang dikenal dengan sebutan ‘kaum rasionalis ’ atau Muktazilah karena dalam memahami sesuatu lebih berdasarkan pada akal. Aliran ini berpendapat bahwa orang yang berdosa besar bukan juga bukan mukmin, tetapi berada di antara keduanya.

Trending sekarang :
Perintah Rasulullah ﷺ Jika Terjadi Wabah

Pandangan lain dari adalah hanya mengakui peristiwa Isra , tetapi tidak mengakui Mi’raj ke . Selain itu aliran ini tidak mengakui siksa kubur, tidak percaya perhitungan amal hingga tidak percaya akan syafaat di Hari Kiamat.

berasal dari kata ‘irja’ yang berarti menangguhkan. Aliran ini berpandangan bahwa orang berdosa tidak termasuk dan tidak kekal dalam neraka. Mereka yang berpendapat demikian termasuk moderat. Sedangkan mereka yang berpendapat bahwa orang yang percaya pada Allah kemudian menyatakan kekufuran secara lisan tidak menjadi sebab iman itu terletak di dalam hati. ini termasuk dalam ekstrem.

  • Qadariyah

Aliran Qadariyah selanjutnya berasal dari kata ‘qadr’ yang artinya mampu atau berkuasa. Kelompok Qadariyah berpendapat bahwa memiliki kuasa untuk menentukan jalan hidupnya. Selain itu, aliran ini berpandangan bahwa segala yang dilakukan karena memiliki kekuatan untuk mengendalikan dirinya sendiri.

  • Jabariyah

Berbanding terbalik dengan Qadariyah, aliran Jabariyah memandang bahwa tidak mempunyai kebebasan dan kekuatan untuk menentukan kehendak dan perbuatannya.

wal Jamaah merupakan aliran yang mengikuti petunjuk dari SAW serta para sahabatnya. Aliran ini dalam menjalankan kehidupan bertumpu pada , hadis, ijma’ ulama, dan Qiyas.[]

Content Protection By Dmca.com

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh 7 Aliran Dalam Agama Islam dan Sejarahnya dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Trending sekarang :
Mekanisme Penyaluran Kuota Internet bagi Siswa
ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini