Alam semesta teramati
Alam semesta teramati
101KFE Assistant | Portal Education News

teramati (bahasa Inggris: ) terdiri dari berbagai galaksi dan materi lainnya yang dapat diamati dari pada saat ini karena cahaya dan signal lainnya dari objek ini telah mencapai sejak awal mula Ekspansi kosmologis. Diasumsikan alam semesta adalah isotropik, jarak ke ujung-ujung alam semesta teramati kira-kira sama ke segala arah. Maka, alam semesta teramati adalah sebuah volume bola yang pusatnya di pengamat. Setiap lokasi di alam semesta memiliki alam semesta teramatinya masing-masing, yang mungkin atau mungkin juga tidak tumpang tindih dengan yang berpusat di .

Kata teramati di sini tidak ada hubungannya dengan kemampuan teknologi modern untuk mendeteksi radiasi dari objek di dalam daerah ini, melainkan dengan kemungkinan cahaya atau radiasi lain dari objek mencapai pengamat. Pada praktiknya, kita hanya dapat melihat cahaya sejauh ketika foton terbelah ketika masa rekombinasi. Hal ini terjadi ketika partikel pertama kali dapat melepas foton yang kemudian tidak cepat terserap kembali oleh partikel lainnya. Sebelum itu, alam semesta terisi oleh plasma yang tidak tembus cahaya ke foton. Gelombang gravitasi yang terdeteksi menandakan bahwa saat ini ada kemungkinan untuk mendeteksi sinyal non-cahaya dari masa sebelum rekombinasi.

Trending sekarang :
Edukasi Penyebaran Virus Corona ke Anak

Estimasi terbaik usia alam semesta per 2015 adalah 13,799±0,021 milyar tahun namun karena adanya ekspansi ruang angkasa manusia mengamati objek yang awalnya sangat dekat namun saat ini menjadi sangat jauh, lebih dari jarak tetap 13,8 miliar tahun cahaya. Diperkirakan diameter alam semesta teramati adalah sekitar 28.5 (93 miliar tahun cahaya, 8,8×1026 meter or 5,5×1023 mil), menjadikan ujung alam semesta teramati berjarak sekitar 46,5 miliar tahun cahaya.

  • Ukuran Alam semesta teramati

Jarak pindah bersama dari bumi ke ujung alam semesta teramati sekitar 14,26 gigaparsecs (46.5 milyar tahun cahaya atau 4,40×1026 meter) ke segala arah. Maka alam semesta teramati berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 28.5 gigaparsecs (93 Gly or 8,8×1026 m). Diasumsikan ruang angkasa rata, ukuran ini sama dengan volume pindah bersama (comoving volume) sekitar 1,22×104 Gpc3 (4,22×105 Gly3 atau 3,57×1080 m3).

Trending sekarang :
Umat Islam Diminta Salat Kusuf Saat Gerhana Matahari Cincin

Angka diatas adalah jarak sekarang (dalam waktu kosmologis), bukan jarak pada saat cahaya muncul. Misalnya, radiasi latar belakang gelombang yang kita saat ini dipancarkan saat foton terbelah, diperkirakan 380.000 setelah Ledakan Besar, sekitar 13,8 miliar tahun lalu. Radiasi ini dipancarkan oleh materi yang seiring waktu terkondensasi menjadi galaksi, dan galaksi-galaksi ini sekarang diperkirakan berjarak 46 miliar tahun cahaya dari kita saat ini. Untuk memperkirakan jarak ke materi pada waktu cahaya dipancarkan, kita dapat mencatat bahwa menurut Metrik Friedmann–Lemaître–Robertson–Walker, digunakan untuk memodelkan alam semesta yang mengekspansi, jika pada saat ini kita menerima cahaya dengan redshift sebesar z, maka faktor skala pada waktu cahaya pertama kali dipancarkan dirumuskan dengan.

Alam semesta teramati Observable universe

Hasil pengamatan 9 tahun WMAP digabungkan dengan pengukuran lainnya akan menghasilkan pergeseran merah pembelahan foton z = 1.091,64±0,47, yang menyimpulkan bahwa faktor skala pada waktu foton membelah adalah ​1⁄1092.64. Maka jika materi yang awalnya dipancarkan latar belakang gelombang memiliki jarak saat ini sebesar 46 miliar tahun cahaya, maka waktu pada foton terpancar, jaraknya kira-kira hanya 42 juta tahun cahaya.

Trending sekarang :
NABI ISA (6 SM - 30 M)
Diagram lokasi bumi kita pada alam semesta teramati.
Diagram lokasi bumi kita pada alam semesta teramati.

Gambar Hubble Ultra-Deep FieldGambar Ultra-Deep Field dari sebuah area di alam semesta teramati (Ukuran area langit setara ditampilkan di pojok kiri bawah), di dekat rasi bintang Fornax. Setiap titik adalah galaksi, mengandung miliaran bintang. Cahaya pergeseran merah galaksi yang amat kecil berasal dari 14 miliar tahun lalu.

 

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Alam semesta teramati dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. Portal Education News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini