August 5, 2021

Android 11 Diluncurkan, Apa Saja Fiturnya ? | 101 Portal Education News

[media-credit id=”1″ align=”alignleft” width=”300″][/media-credit]

Google diketahui telah merilis Android 11 Developer Preview pertama lebih cepat, yakni pada 19 Februari 2020. Biasanya Google akan mengumumkan preview versi terbaru pada bulan Maret. Sayangnya, Android 11 Develepor Preview pertama tidak dianjurkan didownload untuk pengguna harian. Ini hanya ditujukan bagi para pengembang aplikasi untuk meninjau dan menguji coba softwarenya di dalam sistem operasi ini. Versi preview pertama dari Android 11 baru bisa dinikmati dengan perangkat Google Pixel 2, 3, 3a, dan 4. Sementara dirumorkan versi final akan mendarat di Q3 2020.

Android Developer, (20/2/2020), berikut fitur-fitur terbaru yang ada di Android 11 Developer Preview pertama:

Android 11 membawa Aplication Programming Interface (API) tautan baru untuk mendukung jaringan 5G. Dengan demikian, pengembang dapat memanfaatkan kecepatan tinggi dan latensi pada jaringan 5G. Dengan ini, aplikasi dapat secara otomatis menyediakan video berkualitas tinggi yang sesuai ketika jaringan berkualitas tinggi terdeteksi.

Openthos Android Untuk PC Download Sekarang

Sistem baru ini juga menambahkan API Pengukur Bandwidth yang memungkinkan pengembang untuk dengan mudah menentukan jumlah bandwidth hilir/uplink yang tersedia tanpa aplikasi harus meminta atau menghitung perkiraan mereka sendiri.

Saat ini banyak produsen ponsel Android yang membuat produknya lebih dari satu layar. Sekarang Android 11 memiliki dukungan asli untuk dua layar.

Ini juga menyediakan API untuk layar lubang poni. Dengan ini, pengembang dapat memanfaatkan sepenuhnya bagian lengkung layar poni (waterdrop) dan tidak memerlukan pengaturan terpisah oleh pabrikan.

Android 11 telah menambahkan fungsi gelembung obrolan mengambang. Selama aplikasi menggunakan API baru, itu dapat mengapung percakapan yang sedang berlangsung dalam bentuk gelembung di layar

Android R Terdeteksi di Google Pixel 4

Selain itu, fitur salin dan tempel juga telah ditingkatkan. Jika aplikasi mendukung copy dan paste gambar secara langsung, maka Android 11 mendukung menempelkan gambar secara langsung ke dalam balasan aplikasi.

Android 11 menambahkan ‘izin satu kali’ untuk mengakses izin lokasi, mikrofon, dan kamera. Dengan kata lain, aplikasi yang telah memperoleh izin sekali pakai masih akan meminta pengguna untuk mendapatkan otorisasi saat digunakan berikutnya.

Sistem baru ini juga akan secara otomatis memblokir permintaan izin berulang dari aplikasi. Jika pengguna mengklik dua kali untuk menolak otorisasi, sistem akan secara otomatis berhenti meminta otorisasi. Tentu saja, pengguna juga dapat menyesuaikannya secara manual di pengaturan.

Pada Android 11, pengembang dapat memungkinkan merekam langsung di dalam layar. Ini menjadi keuntungan khusus bagi pengguna bila fitur ini diterapkan pada versi final, karena pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan.

Android 11 juga memiliki peningkatan untuk seri Pixel 4. Ini memberikan gerakan Motion sense baru yang dapat menjadi musik.

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Android 11 Diluncurkan, Apa Saja Fiturnya ? dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Perseverance Nama Robot Penjelajah NASA ke Mars 2020