September 28, 2022

Apa itu Bitcoin?

Jika Anda membaca artikel ini, mudah ditebak bahwa Anda telah dibawa ke sini oleh ketertarikan pada inovasi terbesar dunia keuangan dalam beberapa tahun terakhir – mata uang kripto, terutama bitcoin. Mari kita cari tahu apa itu bitcoin dan mengapa ada begitu banyak pembicaraan tentangnya. Tidak hanya di jejaring sosial dan forum, tetapi juga di bank sentral, komite khusus dan pemerintah di banyak negara di seluruh dunia. Sangat mudah untuk bergabung dengan komunitas dan mulai menggunakan uang digital baru.

Istilah 'cryptocurrency' adalah terjemahan langsung dari bahasa Inggris 'cryptocurrency', yang berarti mata uang virtual yang dilindungi oleh kriptografi. Pertama dan terutama, mata uang kripto adalah sistem pembayaran dan pengiriman uang yang cepat dan andal, berdasarkan teknologi terbaru dan di luar kendali pemerintah mana pun. Bitcoin, Bitcoin, Bitcoin, BTC Kata "Bitcoin" dibentuk dalam bahasa Inggris dari "bit", unit informasi minimal, dan "coin", koin. Mengikuti aturan transkripsi Inggris-Rusia, istilah ini harus diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia sebagai "Bitcoin". Situs web resmi bitcoin.org, BitcoinWikipedia, Bank Sentral Rusia dan sumber daya lainnya menggunakan ejaan ini. 

Varian "Bitcoin" yang sampai sekarang banyak digunakan berasal dari terjemahan pertama antarmuka dompet berdasarkan transliterasi langsung. Singkatan paling umum untuk Bitcoin, BTC, biasanya digunakan dalam perdagangan saham dan artikel keuangan. Akronim Cyrillic, BTC, belum populer di masyarakat. Bitcoin adalah mata uang kripto yang pertama dan paling terkenal dari sekian banyak mata uang kripto, simbol dan andalan dunia mata uang kripto, dan unit moneter dengan nama yang sama yang beredar di dalam sistem. Selanjutnya, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara kerja mata uang kripto, menggunakan Bitcoin sebagai contoh. 

Apa fitur Bitcoin yang paling signifikan dari segi ekonomi? 

Ini adalah komoditas digital dengan pasokan terbatas, algoritmanya dirancang sedemikian rupa sehingga bisa ada maksimal 21 juta unit dalam sistem, yang masing-masing juga disebut "bitcoin". Jadwal penerbitan ditentukan oleh perangkat lunak dan diketahui sebelumnya. Setelah koin terakhir dihasilkan, tidak akan ada perubahan pada jumlah koin. Ekonomi Bitcoin dibangun di atas model deflasi, yang ditakuti banyak ekonom. Tetapi mereka tidak menemukan pembenaran praktis. Faktanya, jumlah koin yang relatif kecil seperti itu cukup untuk perhitungan sehari-hari, karena 1 bitcoin dibagi menjadi 100.000.000 keping, yang disebut "satoshi", sesuai nama pencipta sistem. Istilah "millibitcoin" (mBTC, seperseribu) dan "microbitcoin" (uBTC, sepersejuta) kadang-kadang digunakan. Jadwal penerbitan Bitcoin Bitcoin dimulai dengan sebuah konsep, sebuah dokumen yang diterbitkan pada tanggal 31 Oktober 2008 oleh seorang individu misterius yang bekerja dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Siapa pengembang yang sebenarnya, apakah itu satu individu atau kelompok, masih belum diketahui, meskipun sudah banyak investigasi yang dilakukan oleh para jurnalis. 

Pada tanggal 3 Januari 2009, implementasi praktis konsep dalam kode perangkat lunak dimulai. Pada pukul 18:45 GMT (22:45 MSC) pada 03.01.2009, blok pertama dalam jaringan, yang disebut blok genesis, dihasilkan. Hari ini dianggap sebagai hari kelahiran Bitcoin dan dirayakan oleh komunitas di seluruh dunia. Apa saja perbedaannya? Fitur-fitur Bitcoin yang membedakannya dari jenis uang elektronik dan kertas lainnya adalah: Desentralisasi dan aksesibilitas. Jaringan Bitcoin adalah kombinasi dari semua program klien (dompet) dan database blockchain terdistribusi (blockchain, blockchain) yang disimpan di setiap komputer di mana klien penuh diinstal. Blockchain adalah registri yang dapat dilihat sepenuhnya dari semua transaksi dalam sistem. 

Anda dapat terhubung ke registri ini menggunakan wallet Anda sendiri atau antarmuka web layanan pemantauan khusus dari mana saja di dunia, tanpa kata sandi atau otorisasi lainnya. Transparansi penuh atas penyelesaian. Riwayat pembayaran apa pun dapat (secara teoretis) ditelusuri kembali ke saat pembuatan koin, dan tidak akan pernah dihapus dari database. Dengan hanya mengetahui alamat Bitcoin, maka dimungkinkan untuk mengetahui setiap saat semua transaksi yang diterima atau dikirim dari alamat tersebut. Bebas memilih tingkat partisipasi. Anda dapat menginstal klien resmi Bitcoin Core yang menyimpan semua riwayat transaksi. Jika Anda tidak memerlukan operasi offline dan analisis blockchain, Anda dapat menginstal salah satu dompet ringan atau seluler, yang membutuhkan sumber daya yang jauh lebih sedikit. Jika Anda hanya akan membayar untuk pembelian kecil saat bepergian atau hanya mencoba teknologinya, dompet seluler atau online sudah cukup. Untuk keamanan maksimum, ada dompet perangkat keras dengan lapisan keamanan tambahan.

Tidak ada kontrol atas jaringan. Karena blockchain adalah basis terdistribusi berdasarkan node peer-to-peer, jaringan Bitcoin tidak memiliki pusat kendali yang dapat membekukan akun, mengubah jumlah unit dalam sistem, atau memblokir atau membatalkan pembayaran.