August 5, 2021

Apa Itu COVID-19 | 101 Portal Education News

[media-credit id=”1″ align=”alignleft” width=”300″][/media-credit]

Apa Itu COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2), COVID-19 kepanjangan dari Corona Virus Diseases 2019. Virus tersebut merupakan virus jenis baru dari keluarga Coronavirus yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada sistem, pernapasan mulai dari gejala ringan hingga berat. SARS-CoV-2 ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita, droplet yang dikeluarkan penderitan pada saat batuk/bersin, serta tangan yang menyentuh mulut, hidung, dan mata setelah menyentuh benda-benda yang terkontaminasi virus tersebut.

Kasus COVID-19 di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pertama kali dilaporkan pada tanggal 31 Desember 2019 oleh kantor perwakilan WHO Tiongkok. Peningkatan jumlah COVID-19 berlangsung signifikan ke negara lain. Sehingga sejak 11 Maret 2020, WHO telah menetapkan wabah COVID-19 sebagai pendemi global.

Mengenal Tiga Tipe Mutasi Virus Corona

[media-credit id=”1″ align=”aligncenter” width=”300″][/media-credit]

Infeksi coronavirus disebabkan oleh virus corona itu sendiri. Kebanyakan virus corona menyebar seperti virus lain pada umumnya, seperti:

    1. Percikan air liur pengidap (bantuk dan bersin).
    2. Menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi.
    3. Menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap virus corona.
    4. Tinja atau feses (jarang terjadi).

Khusus untuk COVID-19, masa inkubasi belum diketahui secara pasti. Namun, rata-rata gejala yang timbul setelah 2-14 hari setelah virus pertama masuk ke dalam tubuh. Di samping itu, metode transmisi COVID-19 juga belum diketahui dengan pasti. Awalnya, virus corona jenis COVID-19 diduga bersumber dari hewan. Virus corona COVID-19 merupakan virus yang beredar pada beberapa hewan, termasuk unta, kucing, dan kelelawar.

Informasi Tentang Virus Corona (Novel Coronavirus)

Sebenarnya virus ini jarang sekali berevolusi dan menginfeksi manusia dan menyebar ke individu lainnya. Namun, kasus di Tiongkok kini menjadi bukti nyata kalau virus ini bisa menyebar dari hewan ke manusia. Bahkan, kini penularannya bisa dari manusia ke manusia.

Masing-masing orang memiliki respons yang berbeda terhadap COVID-19. Sebagian besar orang yang terpapar virus ini akan mengalami gejala ringan hingga sedang dan akan pulih tanpa perlu dirawat di rumah sakit.

        1. demam.
        2. batuk kering.
        3. kelelahan.
        1. rasa tidak nyaman dan nyeri.
        2. nyeri tenggorokan.
        3. diare.
        4. konjungtivitis (mata merah).
        5. sakit kepala.
        6. hilangnya indera perasa atau penciuman.
        7. ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki.

[media-credit id=”1″ align=”aligncenter” width=”480″][/media-credit]

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Apa Itu COVID-19 dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News