Apa Itu Sekolah Daring
ads

Apa Itu , pembelajaran sekolah adalah metode yang menggunakan model interaktif berbasis dan Learning Manajemen System (LMS). Seperti menggunakan , Meet, dan lainnya. Berbeda dengan , sistem pembelajaran luring merupakan sistem pembelajaran yang memerlukan tatap muka.

[media-credit id=”1″ align=”alignleft” width=”300″]Pendidikan Jarak Jauh[/media-credit]

ads

Pendidikan jarak jauh (bahasa Inggris: distance education) adalah formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Pembelajaran elektronik () atau pembelajaran () merupakan bagian dari yang secara khusus menggabungkan elektronika dan berbasis .

Kemajuan yang terjadi dalam dan memunculkan peluang maupun tantangan baru dalam . Peluang baru yang muncul termasuk akses yang lebih luas terhadap konten multimedia yang lebih kaya, dan berkembangnya metode pembelajaran baru yang tidak lagi dibatasi oleh ruang dan . Di sisi lain kemajuan dengan beragam inovasi digital yang terus berkembang juga menghadirkan tantangan baru bagi penyelenggara untuk terus menyesuaikan infrastruktur dengan baru tersebut.

Trending sekarang :
Teori Evolusi Dalam Kehidupan

[media-credit id=”1″ align=”alignleft” width=”300″]Apa Itu Sekolah Daring[/media-credit]

bukan metode baru dalam sistem . Metode pembelajaran ini telah digunakan di Serikat sejak 1892 ketika Chicago meluncurkan pembelajaran jauh pertamanya untuk tingkat tinggi. Metode pembelajaran jauh terus berkembang dengan menggunakan beragam dan termasuk , , , dan . Meluasnya penggunaan oleh publik di berbagai pada 1996 menjadi suatu yang berkembang dan diikuti oleh kemunculan beragam konten digital di dalamnya. Pada yang sama, John Bourne mengembangkan Asychronous Learning Network Web yang merujuk kepada kemampuan untuk memberikan kapan saja dan di mana saja melalui .

merupakan suatu proses akademis yang bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai moral, , dan sekaligus mempersiapkan peserta didik untuk mampu menghadapi berbagai tantangan dalam proses kehidupan. Dalam terjadi proses yang terorganisasi dan berkelanjutan untuk menumbuhkan aktivitas dalam diri pembelajar sehingga pembelajar dapat mengembangkan kemampuannya dalam menemukan, mengolah, dan mengevaluasi berbagai dan pengetahuan untuk kemudian berkontribusi dalam pencarian solusi atas masalah yang ada dan berpartisipasi aktif di masyarakat. Dalam sistem konvensional, metode yang digunakan adalah melalui pertemuan tatap muka antara pengajar dan peserta didik. Dengan kata lain, pengajar dan pembelajar berada di ruang yang sama pada yang bersamaan juga untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi.

konvensional adalah formal yang menggunakan sistem klasikal dalam menyampaikan materi ajar baik di , akademi, , dan sejenisnya. Beberapa karakteristik dasar dari sistem konvensional antara lain:

    • Pengajar dan peserta didik berada dalam ruang yang sama pada yang sama untuk melakukan kegiatan -mengajar.
    • Kegiatan -mengajar dilakukan dalam bentuk pertemuan tatap muka.
      Pengajar menentukan tujuan , materi ajar, dan evaluasi proses dari peserta didiknya.
    • Proses antara pengajar dan peserta didik dilakukan secara langsung atau bersifat analog.
    • Menitikberatkan pada peran pengajar sebagai sumber dan dalam pengelolaan kelas selama proses -mengajar berlangsung.
  • dalam pendidikan konvensional

Dalam sistem pendidikan konvensional, yang digunakan untuk mendukung proses -mengajar mencakup baik analog maupun digital dengan titik pada proses penyampaian secara analog. analog merujuk kepada segala bentuk yang dibuat untuk menyerupai bentuk asli dan yang dapat ditangkap oleh pancaindra , sedangkan digital merupakan berbasis komputerisasi yang basis datanya terdiri dari bilangan nol dan satu.

Trending sekarang :
Mengapa Upah Minimum Tiap Daerah Berbeda

Proses yang berlangsung dalam pertemuan tatap muka menekankan pada interaksi dan relasi yang terbangun di antara pengajar dan peserta didik. Pengajar menyampaikan materi ajar kepada peserta didik secara langsung dengan berbagai ekspresi dan gerakan () yang mendukungnya, dan peserta didik dapat memberikan tanggapan serta mengekspresikan diri secara langsung juga. penunjang yang biasanya digunakan dalam pendidikan konvensional mencakup antara lain , , papan tulis, spidol, , , alat peraga, , proyektor, dan lain-lain.

  • Keunggulan dan kelemahan pendidikan konvensional antara lain :
    • Tingginya tingkat interaksi langsung antara pengajar dan peserta didik yang akan mempercepat terbentuknya relasi dan nilai-nilai dalam proses -mengajar.
    • Pertemuan tatap muka antara pengajar dan peserta didik mendukung terselenggaranya proses -mengajar yang terfokus dan terkontrol sehingga pembelajaran dapat dioptimalkan.
  • Kelemahan dari metode pendidikan konvensional antara lain :
    • Kebergantungan kepada lokasi, tempat, dan kehadiran dari para peserta proses -mengajar baik pengajar maupun peserta didik.
    • Biaya pendidikan relatif tinggi sebagai akibat dari timbulnya berbagai biaya untuk menunjang operasional sehari-hari pada lembaga penyelenggara pendidikan konvensional.
Content Protection By Dmca.com

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Apa Itu Sekolah Daring dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Trending sekarang :
Dari Mana Datangnya Air di Bumi
ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini