63 / 100 Skor SEO

berputar pada sumbunya sekali dalam 24 jam sehari. berputar dengan kecepatan 1.600 km per jam di . Setiap hari, siang dan malam, kamu dibawa berkeliling dalam bulat ini, di bawah -bintang, namun kita sama sekali tidak merasakan putaran tersebut.

Itu bisa terjadi karena saya, kamu, kita, dan segala lainnya – termasuk lautan dan – berputar bersama dengan Bumi pada kecepatan konstan yang sama. Hanya jika Bumi berhenti berputar, tiba-tiba, kita akan merasakannya. Jika hal itu terjadi maka perasaannya bakal mirip dengan ketika kamu menumpang mobil dengan kecepatan cepat, dan tiba-tiba si sopir mendadak injak rem yang dalam! Kita bisa terpental.

Hot News :  NASA Kirim Penjelajah Luar Angkasa Mars 2020

Jadi, mengapa kita semua tidak merasakan putaran Bumi ini ?

Jawabannya mudah saja, karena bumi dan segala yang berada bersamanya/menempel bergerak bersamaan dengan kecepatan konstan (). Printilan yang hinggap di permukaan bumi bisa terpental keluar kalau tiba-tiba bumi berhenti berputar atau kecepatannya naik sekian kali. Ini artinya, fenomena seperti itu hanya bisa terjadi ketika ada perubahan kecepatan, yaitu akselerasi () dan dekselerasi (perlambatan,atau negatif).

Mari kita buka lagi hukum 1 ,

Jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam sedangkan benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus dengan kecepatan tetap.

Hot News :  Bagaimana Cara Mengukur Jarak dari Bumi ke Matahari ?
Content Protection by DMCA.com