Burj Khalifa Pembuktian Bentuk Bumi
101KFE Assistant | Portal Education News

Pembuktian Bentuk , Burj Khalifa yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab, merupakan gedung tertinggi di dunia saat ini. Tingginya 828 meter. Bayangkan tinggi Monumen Nasional di Jakarta yang 132 meter. Burj Khalifa kira-kira enam kali lipatnya. Ada fenomena unik lainnya berkaitan dengan bulan Ramadan kali ini. Ternyata waktu buka puasa di bangunan ini berbeda-beda antara lantai bawah dan lantai atas. “Burj Khalifa memiliki tinggi hampir 1 km. Mereka yang menginap di lantai paling atas masih melihat Matahari sementara yang di lantai paling bawah sudah tidak melihat sinar itu,” kata kepada Reuters. Oleh karena itu, di gedung 160 lantai ini waktu buka puasa dibagi menjadi tiga zona.

Trending sekarang :
Fase Bulan Di Bumi Datar
Burj Khalifa Pembuktian Bentuk Bumi
Getty Images

Zona pertama adalah lantai dasar hingga 80. Pada lantai ini, lama puasanya sama seperti durasi puasa yang umum di wilayah tersebut. Zona kedua adalah lantai 81-150. Kalau di zona ini lama puasanya bertambah sekitar dua menit dari durasi puasa pada umumnya. Zona ketiga adalah lantai 151 ke atas. Nah, kalau di zona ini, lama puasanya bertambah sekitar tiga menit. Seperti yang dikutip Bobo.id, Thomas Djamaluddin, Kepala (), menjelaskan bahwa fenomena ini disebabkan oleh perbedaan ketinggian. Semakin tinggi jaraknya dari permukaan tanah, ufuk yang terlihat pun menjadi berbeda-beda. Thomas mengatakan bahwa setiap naik 100 meter, waktu akan bertambah satu menit. Sebabnya, semakin tinggi, ufuknya terlihat semakin rendah.

Trending sekarang :
Garis Edar Bumi Bulat QS. Yasin : 40
Burj Khalifa Pembuktian Bentuk Bumi
101KFE Assistant | Portal Education News

Kalau waktu Maghrib semakin tinggi semakin lama, kebalikannya terjadi saat sahur. Untuk waktu sahur, semakin tinggi lantainya, semakin cepat waktu sahurnya. Hal ini disebabkan di lantai yang tinggi, fajarnya akan datang lebih awal. Kesimpulannya, semakin tinggi lantainya, semakin panjang waktu puasanya dan semakin cepat waktu sahurnya. Fenomena ini membuktikan bahwa Bumi memang bulat. Semakin tinggi jaraknya dari permukaan tanah, ufuk yang terlihat pun menjadi berbeda-beda. Thomas mengatakan bahwa setiap naik 100 meter, waktu Maghrib akan bertambah satu menit. Sebabnya, semakin tinggi, ufuknya terlihat semakin rendah.

Kalau waktu Maghrib semakin tinggi semakin lama, kebalikannya terjadi saat sahur. Untuk waktu sahur, semakin tinggi lantainya, semakin cepat waktu sahurnya. Hal ini disebabkan di lantai yang tinggi, fajarnya akan datang lebih awal. Kesimpulannya, semakin tinggi lantainya, semakin panjang waktu puasanya dan semakin cepat waktu sahurnya. Fenomena ini membuktikan bahwa Bumi memang bulat.

Content Protection by DMCA.com

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Burj Khalifa Pembuktian Bentuk Bumi dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Trending sekarang :
Resesi Ekonomi Kenapa Tidak Cetak Uang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini