Cara Belajar Daring Efektif
Cara Belajar Daring Efektif
101KFE Assistant | Portal Education News

Cara Belajar Efektif, Dampak penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia membuat banyak maupun Perguruan Tinggi memutuskan untuk meniadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan menggantinya dengan metode belajar jarak jauh di rumah secara daring. Hal tersebut diterapkan untuk membatasi interaksi fisik secara langsung guna menekan penyebaran virus agar tidak semakin meluas.

Apa itu daring ?

Daring (bahasa Inggris: online) dan luring (bahasa Inggris: offline) memiliki makna tertentu dalam hal teknologi komputer dan telekomunikasi. Secara umum, “online” menunjukkan keadaan terhubung, sementara “offline” menunjukkan keadaan terputus. Daring juga dapat diartikan sebagai suatu keadaan komputer yang dapat saling bertukar informasi karena sudah terhubung ke sebuah internet. Konsep ini telah diperluas dari makna komputasi dan telekomunikasi ke dalam bidang interaksi manusia dan percakapan, sedemikian rupa bahkan luring (offline) dapat digunakan berlawanan dengan penggunaan umum daring (online). Misalnya, diskusi yang terjadi selama sebuah pertemuan bisnis dapat dikatakan sebagai “online”, sementara isu-isu yang tidak berhubungan dengan semua peserta pertemuan harus dilakukan secara “offline” – dilanjutkan di luar pertemuan.

Trending sekarang :
Fenomena Kapal Laut Terbang
Pendidikan jarak jauh
101KFE Assistant | Portal Education News

(bahasa Inggris: distance education) adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Pembelajaran elektronik (e-learning) atau pembelajaran daring (online) merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet.

Belajar secara daring tentunya memiliki tantangan tersendiri. Membutuhkan cara efektif karena sistem ini dianggap lebih bebas dan fleksibel, peserta didik justru dituntut agar memiliki komitmen untuk melakukan pembelajaran secara mandiri di rumah. Pembelajaran secara daring memiliki tantangan dalam pengawasan agar peserta didik terus melakukan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan waktu belajar tatap muka. Selain itu, tentunya perangkat teknologi seperti smartphone atau laptop serta jaringan internet yang baik harus tersedia.

Tiap sekolah/ berbeda

Setiap institusi pendidikan memiliki kesiapan dan fasilitas belajar jarah jauh yang berbeda-beda. Seperti di UI sudah punya e-learning, jadi mahasiswa sudah pernah melakukannya. Tetapi ada pula sekolah atau kampus yang belum punya sistem belajar daring seperti ini. Jadi, bisa memakai aplikasi atau model yang lainnya.

Trending sekarang :
Energi Panas Bumi

Tata cara pembelajaran berbeda

Karena kondisi setiap sekolah/kampus berbeda, maka tata cara pembelajarannya juga berbeda. Bisa jadi, ada yang memakai e-mail untuk mengumpulkan tugas harian. Tetapi ada pula yang dilakukan secara langsung, contohnya video conference. Ada kampus yang semua kegiatan kuliah dilakukan dari rumah, tetapi ada juga yang masih mengharuskan datang ke kampus pada waktu tertentu. Jadi, kamu harus memastikan atau paham tata cara pembelajaran jarak jauh yang ditetapkan oleh sekolah atau kampusmu.

Siapkan fasilitas penunjang daring

Ini yang harus kamu siapkan jika ingin pembelajaran daring: Kuota internet Aplikasi penunjang Laptop/komputer Materi pelajaran seperti buku, catatan, dan lainnya

Jadwal harus disesuaikan

Jangan sampai sekolah atau kuliah diliburkan, terus dipakai untuk liburan. Tetapi siswa dan mahasiswa harus belajar dari rumah. Peran orangtua akan sangat penting terutama untuk siswa sekolah. Jadi, jangan sampai kamu ke luar rumah untuk pergi jalan-jalan. Karena upaya dari pemerintah ini untuk meminimalisir risiko penyebaran virus corona.

Pahami rencana belajar daring

Agar efektif, maka jika kamu diminta belajar materi A dan B maka harus dijalankan tugas itu. Jangan sampai kamu malah mempelajari materi Z. Baca juga: Intip Kuliah Daring di UNS Pakai Spada UNS, Seperti Ini Modelnya.

Kendalikan diri

Ketika belajar jarah jauh, tentu guru atau dosen kamu tidak ada di sampingmu. Maka kamu harus bisa mengendalikan diri dengan benar-benar belajar, bukan malah untuk main game, nonton tv atau main handphone terus. Jika kamu ikut pembelajaran online, maka harus diikuti dengan baik. Sebab, kalau tidak diikuti maka kamu bisa tertinggal atau materinya akan menumpuk.

Trending sekarang :
Apollo 11 : Mengapa Foto Di Bulan Terlihat Berkibar ?

Update pengumuman

Jangan lupa untuk gabung di grup whatsapp sekolah atau kampus untuk mendapatkan info/pengumuman terbaru. Sebab, bisa jadi ada jadwal, tambahan materi atau informasi penting.

Cari tempat yang nyaman

Untuk belajar, kamu bisa pilih waktu yang tepat serta tempat yang nyaman. Sehingga kamu bisa mengerjakan dengan baik.

Tetap mandi dan rapi

Usahakan kamu tetap bagun pagi dan mandi pagi. Karena jika tidak mandi akan berpengaruh pada mood kamu untuk belajar. 10. Perhatikan deadline Untuk tugas yang harus dikumpulkan sesuai batas waktu, maka ini harus kamu perhatikan. Atau deadline harus selalu diperhatikan.

Content Protection by DMCA.com

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Cara Belajar Daring Efektif dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini