satelit china

Apa atau siapa yang pertama kali hidup di Bumi menjadi perdebatan selama ratusan tahun. Kini, seorang berhasil membuktikan awal mula kehidupan.

Sebuah riset yang dilakukan ilmuwan Inggris coba mengungkap seperti apa awal kehidupan di Bumi. Hasil studi ini kemudian dipaparkan secara lengkap dalam jurnal Nature Chemistry.

Sekelompok ilmuwan dari Universitas Cambridge meyakini bahwa mahluk bibit mahluk hidup yang ada di Bumi dibawa oleh komet dan meteorit yang menghantam Bumi saat awal pembentukan.

Dari sini kemudian riset dikembangkan dengan mensimulasikan kandungan yang dibawa benda angkasa tersebut. Lantas para ilmuwan itu menyaring tiga pokok bahan yang bisa membentuk mahluk hidup yakni, hidrogen sulfida, hidrogen sianida, dan sinar matahari.

Trending sekarang :
Jenis-Jenis Virus Komputer

Komet dan meteorit yang menabrak Bumi juga dipercaya membawa kandungan air. Air yang kemudian bercampur dengan hidrogen sianida dan sulfida, terpapar sinar ultraviolet dari matahari kemudian membentuk zat asam nukleat sebagai pembentuk DNA. Dari sinilah bibit kehidupan dimulai.

Dari hasil penelitian itu para ilmuwan berhasil membuat 50 jenis asam nukleat dari campuran hidrogen sulfida, hidrogen sianida, dan sinar matahari. Artinya, ada berbagai macam DNA yang bisa terbentuk dari campuran ketiga zat tersebut.

Ilmuwan itu juga berpendapat bahwa kehidupan berawal dari air. Mahluk yang ada di darat dianggap sebagai bagian dari adaptasi mahluk hidup. Seperti dikutip dari Independent, Senin (23/3).

Kesimpulannya, para ilmuwan itu percaya bahwa kehidupan yang ada di sini dibawa oleh benda angkasa yang jutaan tahun lalu menabrak Bumi.

Content Protection by DMCA.com

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Ilmuwan Berhasil Ungkap Kehidupan Pertama di Bumi dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Trending sekarang :
Edukasi Penyebaran Virus Corona ke Anak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini