66 / 100 Skor SEO

Pada 11 Januari 2020 mendatang, kita yang tinggal di bisa menyaksikan peristiwa Bulan . apa itu, ya? Yuk, kita cari tahu!

Apa Itu Fenomena Penumbra?

Gerhana Bulana adalah sebuah peristiwa langit ketika berada di antara Bulan dan . Akibatnya, cahaya terhalang oleh sehingga tidak bisa sampai ke Bulan. Ada beberapa jenis gerhana Bulan, salah satunya adalah Gerhana Bulan Penumbra. Gerhana Bulan Penumbra merupakan fenomena langit ketika Bulan masuk kebayangan penumbra atau bayangan redup .

Hot News :  2 Pulau Diomede Mempunyai Perbedaan Waktu 23 jam
Perbedaan

Peristiwa ini berbeda dengan Gerhana Bulan Total di saat Bulan masuk ke dalam bayangan Bumi. Gerhana Bulan selalu terjadi saat Bulan berada dalam fase purnama, begitu juga dengan Gerhana Bulan Penumbra. Namun, agak sulit membedakan antara fenomena Gerhana Bulan Penumbra dengan Bulan purnama biasa. Itu karena Gerhana Bulan Penumbra tetap terlihat seperti Bulan purnama, hanya saja cahayanya terlihat lebih redup.

Peristiwa

Nah, pada 11 Januari dini hari nanti, kita bisa melihat fenomena Gerhana Bulan Penumbra ini, teman-teman. Peristiwa ini akan mulai terjadi sekitar pukul 00.07 dan akan selesai sekitar pukul 04.12 setempat daerah masing-masing. Puncak Gerhana Bulan Penumbra ini akan terjadi sekitar pukul 02.09 setempat daerah masing-masing. Jadi, teman-teman yang ingin mengamatinya bisa bersiap sejak 10 Januari malam, ya.

Hot News :  Gerhana Bulan Penumbral 11 Januari 2020
Cara Melihatnya

O iya, peristiwa ini juga bisa dilihat tanpa menggunakan teleskop. Namun, bagi kamu yang punya teleskop, fenomena gerhana ini bisa terlihat lebih jelas lagi. Berbeda dengan , fenomena Gerhana Bulan juga bisa dilihat langsung tanpa menggunakan kacamata gerhana atau alat khusus lainnya. Selamat mengamati Gerhana Bulan Penumbra, ya!

Content Protection by DMCA.com