September 20, 2021

Karantina Wilayah | 101 Portal Education News

[media-credit id=”1″ align=”alignleft” width=”300″][/media-credit]

Karantina wilayah (bahasa Inggris: lockdown) adalah penerapan karantina terhadap suatu daerah atau wilayah tertentu dalam rangka mencegah perpindahan orang, baik masuk maupun keluar wilayah tersebut, untuk tujuan tertentu yang mendesak. Kebijakan karantina wilayah ditetapkan oleh sebuah negara yang mengalami keadaan darurat seperti perang atau wabah penyakit menular. Istilah ini banyak dikenal akibat adanya pandemi penyakit Virus Corona 2019 (COVID19) yang tersebar secara masif di berbagai negara.

Semenjak masifnya persebaran pandemi COVID19 di berbagai negara, kebijakan karantina wilayah ini dilaksanakan kembali untuk mencegah persebaran virus corona semakin besar. Beberapa negara yang kini menerapkan karantina wilayah antara lain Italia, Spanyol, dan Tiongkok.

Italia melakukan karantina wilayah pada negaranya pada tanggal 9 Maret 2020. Karantina ini mengakibatkan beberapa dampak yang cukup signifikan terhadap negara tersebut, seperti merosotnya perekonomian Italia dan batalnya pertandingan olahraga di Italia, termasuk liga sepak bola Serie A.

Tiongkok menutup sebagian negaranya, khususnya Provinsi Hubei pada tanggal 23 Januari 2020. Hal ini bertujuan untuk mengkarantina episentrum virus corona yang berasal dari kota Wuhan yang merupakan ibu kota Provinsi Hubei.

Menyusul kebijakan Italia yang menutup negaranya pada tanggal 9 Maret 2020, Spanyol juga menerapkan kebijakan serupa pada tanggal 15 Maret 2020. Kebijakan tersebut dimaksudkan sebagai salah satu dari beberapa langkah darurat untuk memerangi pandemi virus corona di negara tersebut.

Karantina wilayah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Dalam Undang-Undang ini, karantina wilayah didefinisikan sebagai pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah pintu masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi. Pemerintah pusat Indonesia dapat menetapkan karantina wilayah sebagai respons terhadap Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD).

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Karantina Wilayah dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Nilai Tukar Dollar Hari Ini