Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini ?
+1

+1

+1

+1

+1

+1

52 / 100

Skor SEO

Estimasi Waktu Baca: 2 menit

Tren alias kini mulai diikuti oleh berbagai aplikasi, media sosial, hingga pada sistem operasi dan komputer sekalipun. Biasanya, memberikan tampilan latar belakang berwarna hitam atau abu-abu dengan teks berwarna putih. Namun sebenarnya apa kelebihan dari bagi pengguna?

Dilansir dari , penelitian pada penggunaan mode gelap menunjukkan baterai ponsel mampu bertahan lebih lama, namun hal ini hanya berlaku bagi ponsel dengan layar OLED. OLED merupakan akronim dari organic light-emitting didode. Di dalam dioda organik tersebut terdapat lapisan tipis yang dapat memancarkan cahayanya sendiri.

Ponsel terkini seperti iPhone X, XS, dan versi terbaru, Samsung Galaxy seri S, dan juga Pixel merupakan contoh ponsel yang telah menggunakan OLED. Pada layar OLED, piksel akan mati jika layar menampilkan warna hitam. Sehingga ketika pengguna mengaktifkan mode gelap, maka sebagian besar piksel di layar akan mati sehingga lebih hemat baterai. Sayangnya, hal tersebut tidak akan terjadi pada ponsel yang masih menggunakan layar LCD. Sebab pada layar LCD , pencahayaan layar menggunakan bantuan lampu besar yang ada di bagian belakang atau samping perangkat untuk menyinari piksel-piksel tersebut. Sehingga, meski layar menampilkan warna yang lebih gelap, lampu tetap akan menyala. Jadi, tidak ada pengaruh pada pengurangan daya ketika layar menggunakan mode gelap, seperti dilansir Trusted Reviews.

Hot News :  Android-x86, Android Untuk PC ; Download Sekarang !

Laporan dari iFixit menyebut konsumsi baterai yang dihemat perangkat dengan mode gelap bisa sampai 63 persen. Mereka melakukan percobaan dengan mode gelap Google Maps. Melansir Wired, penghematan ini baru terasa jika mode gelap yang ditawarkan benar-benar menggunakan warna hitam murni. Jika latar menggunakan warna abu-abu gelap, penghematannya tidak terlalu signifikan. Salah satu contoh adalah mode gelap yang menyediakan opsi warna abu-abu gelap.

  • Tampilan lebih menarik

Mode gelap biasanya memberikan tampilan visual yang lebih menarik. Sebab, teks atau tampilan visual yang berwarna akan terlihat menonjol dengan latar yang lebih gelap. Hal ini seperti diakui oleh Roman Banks, perancang aplikasi dan pengembang dari berbagai aplikasi, salah satunya adalah WhatsApp.

  • Nyaman di mata

Penggunaan mode gelap dianggap memberikan kenyamanan pada mata pengguna. Setidaknya hal ini diyakini oleh . Saat merilis mode gelap untuk Mojave, perusahaan itu menganggap mode ini membantu konsentrasi.

Hot News :  Cina Mengembangkan Teknologi Satelit Sendiri

“Mode Gelap adalah tampilan baru yang dramatis yang nyaman di mata dan membantu Anda fokus pada pekerjaan.”

  • Bukan untuk semua orang

Namun, ternyata tak semua orang merasa nyaman menggunakan mode gelap. Penelitian menunjukkan, mode gelap tak cocok bagi mereka yang perlu membaca cepat,mengoreksi tulisan, atau memiliki mata silinder. Riset dari Universitas Passau menyebut pembaca membaca teks lebih cepat ketika menggunakan latar putih. Dengan latar ini, mereka juga dapat mendeteksi kesalahan penulisan lebih cepat. Penelitian lain dari University of British Columbia menunjukkan bahwa mode gelap ternyata cukup menyulitkan bagi orang yang memiliki astigmatisme atau mata silinder. Orang dengan mata silinder biasanya sulit mendeteksi garis lurus, kesulitan membedakan warna, pandangan kabur, atau mata yang sensitif terhadap cahaya. “Orang dengan astigmatisme (sekitar 50 persen dari populasi) merasa lebih sulit untuk membaca teks putih di hitam daripada teks hitam di putih,” tulis laporan tersebut.

Hot News :  Bos Snapchat Ramal TikTok Bakal Kalahkan Instagram

Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini ?
+1

+1

+1

+1

+1

+1

Liked it? Take a second to support 101 Kesalahan Flat Earth Indonesia | Debunking Flat Earth on Patreon!

Kelebihan dan Kekurangan Dark Mode 1

Content Protection by DMCA.com