August 5, 2021

Kriteria Dan Protokol Isolasi Mandiri COVID-19 | 101 Portal Education News

[media-credit id=”1″ align=”alignleft” width=”300″][/media-credit]

Kriteria dan Protokol Isolasi Mandiri COVID-19, Sejak diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret lalu, kasus virus SARS COV-2 terhitung sudah sebulan lebih menyebar di Indonesia. Dalam kurun waktu itu, tren temuan kasus orang yang positif COVID-19 terus meningkat. Data di covid19.id, hingga Ahad (19/4/2020), menunjukkan bahwa jumlah kasus positif sudah mencapai 6.575 kasus.

Rekomendasi untuk isolasi mandiri ini juga akan meringankan beban tenaga medis. Oleh karena itu, bagi pasien yang positif tapi tanpa gejala, biasanya akan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Jangan khawatir, selama melakukan isolasi, tenaga kesehatan akan terus memantau perkembangan. Yang patut diingat, kata Yurianto, “Isolasi mandiri itu bukan berarti diasingkan”.

[media-credit id=”1″ align=”aligncenter” width=”300″][/media-credit]

    • Orang yang sakit (demam atau batuk/pilek/nyeri tenggorokan/gejala penyakit pernafasan lainnya), namun tidak punya penyakit penyerta lainnya (diabetes, jantung, kanker, paru kronik, AIDS, penyakit autoimun).
    • Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang memiliki gejala demam/gejala pernafasan dengan riwayat dari negara/area transmisi lokal, dan/atau orang yang tidak menunjukkan gejala tapi pernah memiliki kontak erat dengan pasien positif COVID-19.
      Orang yang positif COVID-19 tetapi tidak menunjukkan gejala seperti demam, batuk, atau pilek. Orang seperti ini diistilahkan Orang Tanpa Gejala (OTG).
    • Orang yang positif COVID-19 tapi tidak mempunyai penyakit penyerta seperti diabetes, jantung, kanker, paru kronik, AIDS, penyakit autoimun.

Selama 14 hari hingga diketahui hasil pemeriksaan sampel di laboratorium.

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Protokol isolasi mandiri:

    • Tetap tinggal di rumah, dan jangan pergi bekerja dan ke ruang publik.
    • Gunakan kamar terpisah di rumah dari anggota keluarga lainnya. Jika memungkinkan, upayakan menjaga jarak setidaknya satu meter dari anggota keluarga lain.
    • Gunakan selalu masker selama masa isolasi diri.
    • Lakukan pengukuran suhu harian dan observasi gejala klinis seperti batuk atau kesulitan bernapas.
    • Hindari pemakaian bersama peralatan makan (piring, sendok, garpu, gelas) dan peralatan mandi (handuk, sikat gigi, gayung), dan seprai.
    • Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mengonsumsi makanan bergizi, membersihkan tangan secara rutin, mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir, dan lakukan etika batuk/bersin.
    • Jika memungkinkan berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi.
    • Jaga kebersihan rumah dengan cairan disinfektan.
    • Segera hubungi fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit memburuk (seperti sesak napas) untuk dirawat lebih lanjut. (sumber: covid19.kemkes.go.id).

Bagaimana isolasi mandiri dikatakan berhasil dilakukan atau perlu terus diwaspadai.

    1. Tanpa keluhan :Orang yang sudah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, sama dengan masa inkubasi infeksi virus SARS CoV-2, dan tanpa adanya keluhan, bisa jadi artinya orang itu baik-baik saja.
    2. Pernah ada keluhan :Bagi yang pernah muncul keluhan menyerupai gejala COVID-19 seperti batuk, sakit tenggorokan ataupun panas tinggi, tetapi hanya sebentar dan sembuh dalam waktu 14 hari isolasi, itu juga tidak menandakan adanya sumber virus penyebab COVID-19 di tubuh Anda.
    3. Keluhan berkelanjutan :Jika memiliki keluhan pada saat isolasi mandiri dan berkelanjutan sampai terasa semakin sesak napas dan gangguan pernapasan lainnya, maka hal ini perlu diwaspadai. Orang tersebut perlu melapor ke fasilitas kesehatan terdekat dan melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) atau swab.

NABI MUHAMMAD (570 M – 632 M)

[media-credit id=”1″ align=”aligncenter” width=”1024″][/media-credit]

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Kriteria dan Protokol Isolasi Mandiri COVID-19 dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Cara Efektif agar Tidak Tertular Virus Corona Dari WHO

Kurang
Cukup
Baik
Sangat Baik
Sempurna

Translate »

Berlangganan    OK No thanks