Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini ?
+1

+1

+1

+1

+1

+1

68 / 100

Skor SEO

Estimasi Waktu Baca: 2 menit

Sekarang saya akan memposting tentang levitasi magnet. Ada yang tau gak apa sih levitasi itu? Foto levitasi? Bukan. Levitasi bukanlah sekedar istilah yang digunakan untuk fotografi saja. Levitasi berasal dari bahasa Latin yaitu Levitas yang berarti ringan. Pengertian Levitasi adalah proses objek melayang melawan . Jadi dapat disimpulkan bahwa levitasi adalah proses melayangnya objek karena melawan gaya bumi, sehingga benda tersebut terlihat ringan. Levitasi saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan magnet, magnet mempunyai sifat levitasi terhadap bumi. Sedangkan levitasi adalah proses melayang objek dengan memanfaatkan medan magnet. Dengan kata lain, hal ini menolak gaya pada suatu benda dengan menggunakan medan magnet sebagai penangkal. Baik gaya magnet tolakan atau tarik dapat digunakan untuk membuat levitasi. Dalam hal ini, kita akan memanfaaatkan gaya magnet yang saling tolak menolak.

Hot News :  Asal Usul Pendiri Flat Earth atau Bumi Datar

Dalam pembuatannya, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan, seperti magnet, pensil, kardus, gabus, alat perekat, dan alat pemotong. Cara pembuatannya sangat sederhana. Berikut adalah cara pembuatan levitasi magnet:

  1. Magnet disusun dengan arah kutub yang sama menghadap ke arah yang sama dan diletakkan pada gabus.
  2. Jarak antar magnet diatur secukupnya.
  3. Gunakan alat pemotong untuk memotong pensil menjadi 3 bagian, bagian ujung, bagian tengah, dan bagian pangkal. Alokasikan tempat yang lebih untuk bagian tengahnya.
  4. Letakkan magnet di antara bagian-bagian dari pensil yang telah dipotong.
  5. Rekatkan magnet dan pensil dengan alat perekat.
  6. Letakkan ujung pensil pada kardus.
  7. Kalibrasi sistemnya dan usahakan sistem dalam keadaan setimbang.
  8. Pensil pun akan melayang di udara.
Levitasi Magnet 1
101KFE Assistent | 101 Kesalahan Flat Earth | Debunking Flat Earth

Bagaimana prinsip kerjanya? Sangat sederhana. Dengan memanfaatkan tolak menolak dari magnet, maka gaya ini akan melawan yang arahnya ke bawah. Sehingga, akan ada suatu titik yang gaya magnet (arahnya ke atas) dan gaya beranyat (arahnya ke bawah) memiliki besar yang sama. Akan tetapi arah medan magnet selalu menyebar ke segala arah dan tidak terfokus di satu titik. Oleh karena itu, kita butuh alat sebagai penyangga dari beban (pensil) yang ditempeli oleh magnet, dalam kasus ini kita menggunakan kardus. Sehingga saat keadaan ini terpenuhi, maka sistem berada dalam keadaan setimbang dan benda pun akan melayang di udara. Peristiwa inilah yang dinamakan dengan “”. Peristiwa ini memungkinkan untuk pensil melakukan gerak rotasi yang hampir kekal dalam medan magnet.

Hot News :  Bendera PBB adalah Peta Bumi Datar ?

Salah satu kesulitan dalam pembuatan “magnetic levitation” ini adalah kalibrasi sistemnya, mulai dari mengatur jarak antar magnetnya, mengatur ketinggian pensilnya, pemasangan magnet pada pensil yang ideal. Jika kalibrasinya masih belum cocok, maka sistem ini tidak akan sesuai yang diharapkan. Selain itu, saat pemasangan magnet pada pensil, kesimetrian bentuk dari magnet dan pensilnya. Hal ini menyebabkan saat pensil diputar maka pensil akan jatuh karena ketidak simetrian bentuk saat diputar mengakibatkan sistem terganggu dari keadaan setimbangnya yang mengakibatkan pensil akan jatuh. Dengan kata lain, sistem akan terjaga tetap stabil apabila kalibrasi dari sistem ini dilakukan dengan baik.

Dalam percobaan di di gambarkan dengan “magnetic levitation” jadi matahari melayang di sebabkan levitasi magnet. Apa iya matahari di bumi datar itu sifatnya dingin ? kalau kita berbicara magnet setahu saya gaya magnet akan hilang jika kita memanaskan magnet tersebut…

Hot News :  Halal Haram Vaksin Imunisasi

Berikan tanggapan ada !

Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini ?
+1

+1

+1

+1

+1

+1

Liked it? Take a second to support 101 Kesalahan Flat Earth Indonesia | Debunking Flat Earth on Patreon!

Levitasi Magnet 2

Content Protection by DMCA.com