Citra bimasakti dalam Inframerah komposit. Teleskop luar angkasa Spitzer
Spitzer Space Telescope

Matahari Mengelilingi , (dalam bahasa Inggris , yang berasal dari bahasa Latin Via Lactea, diambil lagi dari bahasa Yunani Γαλαξίας Galaxias yang berarti “susu”) adalah galaksi spiral () yang besar termasuk dalam tipe Hubble SBbc dengan total massa sekitarmassa mataharimassa matahari, yang memiliki 200-400 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya. Jarak antara matahari dan pusat galaksi diperkirakan 27.700 tahun cahaya. Bulan mengelilingi Bumi, sedangkan Bumi dan planet-planet di tata surya mengelilingi Matahari. Lalu apakah Matahari juga mengelilingi suatu benda langit? Kalau iya, Matahari mengelilingi apa, ya?

  • Pusat Galaksi
bimasakti
101KFE Assistant | Portal Education News

Jawabannya adalah ya, Matahari mengelilingi benda langit, tepatnya pusat galaksi. Pusat galaksi Bimasakti sendiri adalah lubang hitam. Tak hanya Matahari, semua sistem bintang juga bergerak mengelilingi pusat galaksi Bimasakti ini. Galaksi Bimasakti adalah sebuah galaksi spiral yang mempunyai lengan. Nah, Matahari berada di salah satu lengan galaksi spiral ini.

  • Revolusi Matahari

Matahari mengelilingi pusat galaksi dalam orbit yang hampir lingkaran, tidak seperti orbit Bumi dan orbit Bulan yang berbentuk elips. Matahari membutuhkan waktu sekitar 226 juta tahun untuk sekali mengelilingi pusat galaksi ini, lo. Sejak pertama kali terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu, Matahari mengelilingi pusat galaksi baru sekitar 20 kali. Dan Matahari akan terus mengelilingi pusat Bimasakti itu sampai bahan bakar hidrogen di inti Matahari habis. Itu akan terjadi sekitar 7 miliar tahun lagi.

  • Kecepatan Matahari

Uniknya, walaupun sangat lama, tapi ternyata Matahari bergerak dengan kecepatan 782.000 kilometer per jam. Kalau kita berada di dalam mobil yang melaju 100 kilometer per jam saja itu sudah terasa cepat, apalagi ribuan kilometer per jam, ya! Kalau Matahari bergerak secepat itu, kenapa Matahari butuh waktu sangat lama untuk sekali berevolusi? Itu karena galaksi Bimasakti ini sangat besar dan sangat luas, teman-teman. Apalagi Matahari berada di lengan spiral, bukan di dekat pusat galaksi. Sama seperti kalau kita mengelilingi lapangan yang berbentuk lingkaran. Semakin jauh dari tengah lapangan, waktu yang kita butuhkan semakin banyak.

  • Galaksi Bimasakti

Galaksi Bimasakti sendiri merupakan galaksi spiral yang memiliki sekitar 400 miliar bintang. Diameter galaksi ini sekitar 100.000 tahun cahaya. Artinya, cahaya dari ujung galaksi akan sampai 100.000 tahun kemudian ke ujung yang satunya lagi. Nah, sudah terbayang belum sebesar apa galaksi kita ini? Hi… hi… hi…. Sedangkan pusat galaksi kita merupakan sebuah lubang hitam supermasif yang diyakini berada di sekitar rasi bintang Sagitarius.

Content Protection by DMCA.com

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Matahari Mengelilingi Galaksi Bimasakti dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Trending sekarang :
Kala Hindia Belanda Dicekam Flu Spanyol

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini