Melihat Langsung Proses Pembuatan ? berasal dari bahasa latin, vacca yang berarti sapi. Disebut demikian karena pertama berasal dari yang menginfeksi sapi. adalah zat dari atau virus yang menjadi penyebab penyakit tertentu. atau virus tersebut telah dilemahkan, dimatikan, atau diambil sebagian.

Bisa juga berupa tiruan dari bakteri penyebab penyakit, yang secara sengaja dimasukkan ke dalam tubuh. Tujuannya untuk merangsang timbulnya zat anti-penyakit tertentu pada penerima vaksin. Dengan demikian, orang yang telah divaksin akan memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu. “Vaksin itu sebenarnya sediaan biologis. Dia (vaksin) itu , biasanya diperoleh dari virus atau bakteri yang dilemahkan dengan tujuan untuk menimbulkan kekebalan spesifik terhadap virus tersebut,” urai Project Manager R&D Division PT. Bio Farma Dr. Neni Nurainy, Apt. saat ditemui Beritagar.id di kantornya, Jumat (28/9/2018).

Trending sekarang :
Proses Pembuatan Vaksin

Berdasarkan bahan yang digunakan, terdapat dua tipe vaksin. Pertama, virus atau bakteri hidup yang dilemahkan di laboratorium (Live Attenuated Vaccine). Kedua yaitu virus atau bakteri yang dimatikan (Inactive). Kandungan utama vaksin adalah antigen, berfungsi merangsang sistem imun tubuh. Setiap virus atau bakteri punya antigen yang khas. Misalnya, vaksin flu yang memiliki antigen untuk virus influenza.

Kemudian diketahui, antigen perlu dibarengi zat-zat lain agar kerjanya selalu optimal. Zat-zat pelengkap ini di antaranya adjuvants yang berfungsi meningkatkan kekebalan atau imunitas. Lalu ada preservatives yang berfungsi mencegah tumbuhnya bakteri atau jamur selama pembuatan vaksin. “Kita tambahkan juga stabilizer untuk menstabilkan penggunaan multidose. Kesediaan baku kering, kita pakai stabilizer juga,” jelas Neni yang juga sedang menggarap inovasi obat kanker payudara trastuzumab menjadi obat generik.

Trending sekarang :
Senjata Biologi

Sumber Terkait :

  1. Vaksin Virus Corona Di Uji Coba Ke Burung Oleh Ilmuwan Israel
  2. Ilmuwan Israel Segera Hadirkan Vaksin Virus Corona
  3. Ilmuwan Muslim Pencetus Vaksinasi Dari Kesultanan Ottoman
  4. AntiVax dan Bumi Datar
Content Protection by DMCA.com

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Melihat Langsung Proses Pembuatan Vaksin dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Trending sekarang :
Film Kisah Masa Kecil Ganjar Pranowo