August 5, 2021

Melihat Lebih Jauh Perbedaan Virus Dan Bakteri | 101 Portal Education News

3) Informasi Terkait Virus

Melihat Lebih Jauh Perbedaan Virus dan Bakteri, di tengah pandemi Virus Corona jenis baru, COVID19 ini, menjaga imunitas tubuh dan kesehatan menjadi sangat penting. Mengetahui cara mengurangi risiko dan hal-hal yang harus dilakukan ketika sakit, serta informasi yang benar adalah kunci untuk menghindari terinfeksi virus Corona, sebagaimana yang diimbau pemerintah. COVID19 ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, salah satu dari tujuh jenis virus Corona yang sudah dikelompokkan oleh CDC. Sebenarnya, selain virus Corona, virus memiliki banyak jenis dan semuanya bersifat destruktif jika menginfeksi organisme lain. Selain virus, hal lain yang juga tak asing adalah bakteri. Ia dapat menyebabkan penyakit dan merusak kesehatan. Penyakit seperti radang tenggorokan, tuberkulosis juga disebabkan infeksi bakteri. Bagi sebagian orang, bakteri dan virus sering kali tertukar-tukar penyebutannya. Keduanya memiliki beberapa kesamaan, tapi juga terdapat beberapa perbedaan dengan karakteristik khas masing-masing.

Dilansir dari Mayo Clinic, bakteri adalah mikroorganisme bersel satu yang dapat hidup di berbagai tempat dan keadaan. Beberapa bakteri bahkan bisa bertahan hidup di cuaca yang sangat dingin atau panas ekstrem sekalipun. Tidak hanya itu, di dalam tubuh manusia juga terdapat banyak bakteri. Namun, sebagian besar bakteri di sana bukan organisme perusak, dan hanya segelitir kecil dapat membahayakan kesehatan, atau yang dikenal dengan bakteri patogen. Beberapa jenis bakteri justru memiliki manfaat dan menunjang kesehatan. Ia dikenal dengan sebutan bakteri baik atau beneficial bacteria. Dilansir dari Live Strong, bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Demikian juga beberapa bakteri di dalam lambung dan sistem pencernaan, seperti Lactobaccilus acidophilus hingga Escherichia coli yang dapat melawan radang pada usus. Bakteri memiliki ukuran cukup besar sehingga bisa dilihat dengan mikroskop cahaya. Sementara dari bentuk alamiahnya, bakteri memiliki dinding sel robosom, serta memiliki kemampuan untuk bereproduksi sendiri. Jika seseorang terinfeksi bakteri patogen, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk melawan perkembangan bakteri dalam tubuh manusia.

Bagaimana dengan virus? Perbedaannya dari bakteri adalah ukurannya yang lebih kecil sehingga hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron atau dengan peralatan yang lebih canggih. Healthline menulis bahwa virus adalah organisme parasit, yang mana ia membutuhkan inang untuk bertahan hidup. Virus harus menemukan inang untuk bereproduksi, termasuk melalui sel tubuh manusia. Tanpa menumpang ke tubuh inangnya, ia tidak bisa mereplikasi diri. Beberapa virus malahan dapat membunuh sel inangnya untuk berkembang biak. Jika ia tidak menemukan inangnya, ia tidak bisa hidup dalam waktu lama. Jika seseorang terinfeksi virus, dokter biasanya memberikan obat antivirus untuk melawannya. Selain itu, yang menjadi kunci utama untuk bertahan melawan paparan virus adalah dengan memperkuat ketahanan dan imun tubuh. Akan tetapi, untuk kasus COVID19, hingga sekarang ahli kesehatan belum menemukan antivirusnya. Oleh sebab itu, menjaga pola hidup sehat, menerapkan physical distancing, serta menjaga kebersihan tangan adalah kunci penting agar tidak tertular virus Corona.

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Melihat Lebih Jauh Perbedaan Virus dan Bakteri dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Matahari Itu Dekat Flat Earth 101