Mendengarkan Lagu atau Nonton Video FE101 Memunculkan Ingatan Tertentu, Apa Sebabnya, ya? 1

50 / 100

SEO Score

Pernahkah teman mengingat sebuah peristiwa yang pernah terjadi atau ingat akan seseorang setelah mendengarkan sebuah lagu atau film tertentu? Misalnya saja ingat saat berlibur ke suatu tempat atau saat bermain dengan teman. Tenang saja teman-teman, hal ini tidak aneh, kok, karena mendengarkan lagu terbukti bisa memunculkan ingatan atau memori pada kejadian tertentu. Ketahui, yuk, mengapa mendengarkan lagu bisa membuat kita jadi mengingat kejadian atau orang tertentu.

Hubungan Antara Lagu dengan Ingatan

Mendengarkan musik terbukti memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, khususnya otak kita, lo. Beberapa manfaat mendengarkan musik adalah membuat kita lebih fokus, meningkatkan kreativitas, serta berbagai manfaat lainnya. Selain memberikan manfaat bagi otak, mendengarkan musik ternyata juga bisa memunculkan ingatan tertentu saat kita mendengarkan lagu itu, teman-teman. Ingatan atau memori tertentu yang muncul saat mendengarkan lagu ternyata berhubungan dengan hippocampus dan korteks frontal atau bagian dari otak besar kita. Nah, kedua bagian otak ini merupakan area yang terkait dengan memori atau ingatan dan menyimpan berbagai informasi yang kita dapatkan setiap hari. Saat mendengarkan musik, maka hal ini juga akan membangkitkan bagian otak yang berhubungan dengan emosi dan ingatan. Mendengarkan lagu juga akan ‘menerangi’ korteks visual otak kita, teman-teman. Hal ini berarti saat mendengarkan lagu, otak kita akan segera mengaitkan lagu tadi dengan ingatan atau gambar lain yang terjadi saat kita mendengarkan sebuah lagu untuk pertama kalinya atau terus-menerus.

Baca Juga :  Petunjuk Forum

Ingatan akan Semakin Kuat Jika Mendengarkan Lagu Berulang Kali

Teman-teman mungkin mengingat suatu peristiwa dengan samar atau tidak jelas saat mendengarkan sebuah lagu. Namun ingatan ini akan semakin kuat jika lagu yang memunculkan ingatan itu kita dengarkan setiap hari. O iya, ingatan tentang suatu peristiwa atau tentang seseorang juga akan muncul tergantung dengan jenis atau genre musik yang didengarkan. Biasanya, mendengarkan musik sedih akan membuat kita mengingat beberapa orang atau pengalaman yang menyedihkan. Alasan kenapa musik bisa berhubungan dengan peristiwa tertentu adalah karena musik juga terkait dengan gerakan. Musik dapat mengaktifkan banyak bagian otak, dan saat mendengarkan musik inilah, bagian otak kecil yang melibatkan kemampuan motorik akan terpancing. Hal ini terjadi bersamaan juga dengan sistem limbik di otak yang mengendalikan emosi.

Ada Dua Jenis Ingatan yang Membangkitkan Emosi

Ingatan atau memori yang muncul saat mendengarkan lagu ini berhubungan dengan emosi yang kita rasakan saat lagu itu terdengar. Nah, ternyata ada dua jenis ingatan yang bisa membangkitkan emosi kita, teman-teman. Pertama, adalah ingatan eksplisit, yaitu memori sederhana yang baru saja kita lakukan dan masih diingat. Selain ingatan eksplisit, ada juga ingatan implisit, yaitu ingatan yang disimpan di alam bawah sadar, tapi masih bisa diambil oleh ingatan kita. Biasanya, ingatan implisit akan bertahan lebih lama dibandingkan ingatan eksplisit, karena ingatan implisit melekat pada peristiwa tertentu. Banyak membaca, yuk, agar menambah informasi dan pengetahuan yang kita dapatkan.

Mendengarkan Lagu atau Nonton Video FE101 Memunculkan Ingatan Tertentu, Apa Sebabnya, ya? 2

Baca Juga :

Content Protection by DMCA.com