Mengapa Upah Minimum Tiap Daerah Berbeda
ads

Jawaban Mengapa Upah Minimum

Karena tingkat ekonomi pada masing masing berbeda pula. Contoh : sebagai pusat ekonomi memiliki UMP yang tinggi karena tuntutan ekonomi yang harganya tinggi juga. Sedangkan, pada desa pinggiran yang ekonominya lebih tertinggal, biasanya akan memiliki harga yang lebih mudah dan karenanya UMPnya pun lebih rendah.

Jadi rate UMPnya dibuat berdasarkan kondisi ekonomi daerahnya tersebut. Ketika suatu angka dinilai Adil dan mampu mencukupi kebutuhan pekerjanya, maka angka tersebut dijadikan tersebut.

ads

Pengertian Upah Minimum

[media-credit id=”1″ align=”alignleft” width=”300″]Mengapa Upah Minimum Tiap Daerah Berbeda[/media-credit]

Upah Minimum adalah suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku untuk memberikan upah kepada pekerja di dalam lingkungan usaha atau kerjanya. Karena pemenuhan kebutuhan yang layak di setiap propinsi berbeda-beda, maka disebut Upah Minimum Propinsi.

Menurut Peraturan No.78 2015 tentang Pengupahan, 41 2 “Upah minimum sebagaimana dimaksud merupakan Upah bulanan terendah yang terdiri atas: a. Upah tanpa tunjangan; atau b. Upah pokok termasuk tunjangan tetap”. Pengupahan ini juga menegaskan, bahwa Upah Minimum hanya berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kurang dari 1 (satu) pada Perusahaan yang bersangkutan. Sementara upah bagi pekerja/buruh dengan masa 1 (satu) atau lebih dirundingkan secara bipartit antara pekerja/buruh dengan pengusaha di perusahaan yang bersangkutan.

Trending sekarang :
Gravitasi Bulan

Apabila kita merujuk ke 94 Undang-Undang (UU) no. 13 2003 tentang Ketenagakerjaan, komponen upah terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap, maka besarnya upah pokok sedikit-dikitnya 75 % dari jumlah upah pokok dan tunjangan tetap. Definisi tunjangan tetap disini adalah tunjangan yang pembayarannya dilakukan secara teratur dan tidak dikaitkan dengan kehadiran atau pencapaian prestasi contohnya : tunjangan , tunjangan , tunjangan keluarga, tunjangan keahlian/profesi. Beda halnya dengan tunjangan makan dan transportasi, tunjangan itu bersifat tidak tetap karena penghitungannya berdasarkan kehadiran atau performa .

Apa yang dimaksud dengan Upah Minimum ()?

Upah Minimum Propinsi () adalah Upah Minimum yang berlaku untuk seluruh Kabupaten/ di satu . Upah minimum ini di tetapkan setiap satu sekali oleh Gubernur berdasarkan rekomendasi Komisi Penelitian Pengupahan dan Jaminan Dewan Ketenagakerjaan (sekarang Dewan Pengupahan ). Penetapan upah minimum propinsi selambat-lambatnya 60 hari sebelum tanggal berlakunya upah minimum, yaitu tanggal 1 Januari.

Trending sekarang :
KONG HU-CU (551 SM - 479 SM)

Apa yang dimaksud dengan Upah Minimum Kabupaten/ ()?

Upah Minimum Kabupaten/ adalah Upah Minimum yang berlaku di Kabupaten/. Penetapan Upah minimum kabupaten. dilakukan oleh Gubernur yang penetapannya harus lebih besar dari upah minimum propinsi. Penetapan upah minimum ini dilakukan setiap satu sekali dan di tetapkan selambat-lambatnya 40 (empat puluh) hari sebelum tanggal berlakunya upah minimum yaitu 1 Januari.

Apa yang dimaksud dengan Upah Minimum Sektoral?

Upah minimum sektoral dapat terdiri atas upah minimum sektoral propinsi (UMSP) dan upah minimum sektoral kabupaten/ (UMSK). Upah minimum sektoral propinsi adalah upah minimum yang berlaku secara sektoral di seluruh kabupaten/ di satu propinsi, sedang Upah minimum sektoral Kabupaten/ (UMSK) adalah Upah Minimum yang berlaku secara Sektoral di Kabupaten/.

Upah minimum sektoral merupakan hasil perundingan dan kesepakatan antara asosiasi perusahaan dan serikat pekerja/serikat buruh. Usulan upah minimum sektoral (hasil kesepakatan) tersebut disampaikan kepada gubernur melalui Kepala Kantor Kementerian tenaga untuk ditetapkan sebagai upah minimum sektoral propinsi dan atau upah minimum sektoral kabupaten.

Trending sekarang :
Jenis-Jenis Virus Komputer

Simak berikut Via Upah Minimum

Sanksi bagi pelanggar Tentang Sebagai Berikut

[media-credit id=”1″ align=”alignleft” width=”300″]Ump[/media-credit]

Sesuai dengan Undang-Undang No. 13 2003 tentang Ketenagakerjaan ,pegusaha yang tidak membayarkan upah sesuai ketentuan dianggap sebagai pelaku kejahatan dengan ancaman sanksi penjara dari satu hingga empat dan denda minimal Rp100 juta dan maksimal Rp400 juta. yang ditetapkan merupakan gaji pokok bagi pekerja yang masih belum menikah dan punya masa 0-12 . Dalam hal komponen upah terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap maka besarnya upah pokok sedikit-dikitnya 75 % (tujuh puluh lima perseratus) dari jumlah upah pokok dan tunjangan tetap.

Content Protection By Dmca.com

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Mengapa Upah Minimum Tiap Daerah Berbeda dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here