61 / 100 Skor SEO

Mungkin bagi sebagian orang untuk menghitung , , dan lain sebagainya biasanya lebih memilih memakai karena dianggap paling cepat, praktis dan akurat dengan rumus tertentu. Lalu bagaimana jadinya kalau kita lupa tidak membawa sedangkan ingatan kita sudah semakin lupa mengenai hasil hitung-hitungan tersebut. Sebenarnya saat di SD dulu kita sering diajarkan tentang bagaimana cara menghitung dengan bantuan tangan yang tentu lebih mudah dan bisa kita ajarkan ke adik dan anak kita nantinya khususnya di matematika ya kawan. Di sini saya membagikan cara menghitung cepat tanpa menggunakan sebagai berikut :

hitung perkalian cepat

Ini merupakan salah satu metode yang paling terkena dan banyak digunakan oleh semua orang, cara menghitung cepat perkalian menggunakan tangan ini sudah diajarkan sejak sekolah dasar dan dianggap paling akurat. Caranya bisa anda lakukan mulai dari tandai dengan nomor imajinatif setiap jari kedua telapak tangan Anda, dimulai dengan jari manis dengan nomor 6 hingga jempol menjadi nomor 10.

Hot News :  Apollo 11 : Objek Yang Seharusnya Terlihat Gelap

Sebagai contoh misalnya apabila anda ingin menghitung perkalian 7 x 8 (gambar dibawah), maka cukup satukan kedua jari yang ditandai tersebut.

Angka dibagian bawah, termasuk jari yang dipertemukan adalah puluhan. (lihat gambar dibawah, 5 jari = 50).Sekarang, kalikan sisa jari dibagian atas untuk mendapatkan angka satuan. (pada contoh, 3 jari tangan kiri dikalikan 2 jari tangan kanan = 3 x 2 = 6).

Gabungkan angka puluhan dengan satuan, 50 ditambah 6, hasilnya = 56.

  • Berhitung cepat pengalian 9 versi pertama

Cara menghitung perkalian 9 yang perlu dicatat adalah untuk puluhan nilai angka semakin banyak maka untuk satuan nilai angka semakin menurun dan jumlah dari total puluhan ditambah satuan sama dengan sembilan.

Hot News :  Rumus-Rumus Fisika Energi
  • Berhitung cepat pengalian 9 versi kedua

Apabila mengalami kesulitan dari cara pertama maka anda bisa mencoba melakukan metode yang kedua ini. Caranya beri nomor setiap jari di kedua tangan mulai dari jempol kiri nomor 1 sampai nomor 10 di jempol tangan kanan.

Sebagai contoh misalnya anda ingin menghitung perkalian 3×9 maka tinggak tekuk jari nomor tiga seperti gambar dibawah ini :

Kemudian lihat sisi jari di sebelah kiri jari yang ditekuk itu adalah puluhan, untuk contoh perkalian ini jumlah jari disebelah kiri adalah 2 = 20.

Selanjutnya jumlah jari yang terdapat di sebelah kanan jari yang ditekuk adalah satuan, artinya untuk perkalian 3 x 9, jumlah jari sebelah kanan adalah 7.

Hot News :  Eratosthenes dan Keliling Bumi

Sekarang gabungkan angka puluhan 20 ditambah angka satuan 7 = 20 + 7 = 27
Jadi 3 x 9 = 27.

Sekarang coba lakukan perkalian 7 x 9.

Tekuk jari ke 7, nilai puluhan adalah 6 = 60, dan nilai satuan adalah 3. Jadi 60 + 3 = 63
Hasilnya 7 x 9 = 63. Sangat mudah bukan?.

Content Protection by DMCA.com