NABI ISA
ads

Pengaruh terhadap sejarah kemanusiaan begitu jelas dan begitu besar. Rasanya tak banyak orang yang mempersoalkan apa sebab berada di tempat hampir teratas dalam daftar ini. Malahan, mungkin banyak orang bertanya-tanya kenapa tidak berada di tempat teratas.

Nabi Isa
101KFE Assistant | Portal Education News

Akan halnya kekristenan, tak adalah kiranya masalahnya. Dalam perjalanan sang tak syak lagi ini sudah peroleh pemeluk lebih besar dari lain yang mana pun juga. Perlu ditegaskan bukanlah perihal pengaruh dari pelbagai yang menjadi titik perhitungan di ini, melainkan ihwal yang menyangkut pengaruh perorangan. Tidaklah seperti , didirikan bukan oleh seorang melainkan dua — dan St. Paul — karena itu pengakuan jasa-jasa atas perkembangan itu harus dibagi sama antara kedua tokoh itu.

ads

meletakkan dasar-dasar pokok gagasan etika kekristenan termasuk pandangan spiritual serta ide pokok mengenai tingkah laku.. Sedangkan dikelola dasar-dasarnya oleh St. Paul. mempersembahkan pesan-pesan spiritual sedangkan St. Paul menambahkannya ke dalam bentuk pemujaan terhadap . Lebih dari itu, St. Paul merupakan penulis bagian-bagian penting dan merupakan penganjur pertama orang-orang agar memeluk pada pertama lahirnya itu.

terhitung berusia muda tatkala “wafat” (lain halnya dengan Buddha atau ), dan yang ditinggalkannya hanya sejumlah terbatas pengikut. Tatkala mangkat, pengikutnya cuma terdiri dari sejumlah kecil sekte . Baru lewat tulisan-tulisan St. Paul dan kegigihan khotbahnya yang tak kenal lelah, sekte kecil itu dirubah menjadi kekuatan dinamis dan merupakan gerakan yang lebih besar, baik terdiri dari orang maupun bukan. Dari situlah-akhirnya- tumbuh menjadi salah satu besar .

Akibat hal-hal itu sementara orang beranggapan St. Paul-lah dan bukan yang lebih layak dipandang sebagai pendiri , karena itu tempatnya dalam daftar urutan ini mesti lebih tinggi ketimbang ! Biarpun sulit dibayangkan apa wujud kekristenan tanpa St. Paul, tapi sebaliknya juga amatlah jelas: tanpa , tak akan pernah ada samasekali.

Trending sekarang :
Jenis-Jenis Virus Komputer

Sebaliknya, tampak tak beralasan menganggap Isa bertanggung jawab terhadap semua keadaan seperti penilaian gereja-gereja serta pribadi-pribadi pemeluk kemudian, khusus sejak Isa sendiri tidak setuju dengan sikap-sikap seperti itu. Di antara mereka -misalnya perang antar mazhab-mazhab , penyembelihan kejam dan pemburuan terhadap orang - merupakan kontradiksi dengan sikap dan ajaran Isa. Rasanya tak beralasan menganggap bahwa perbuatan itu disetujui oleh Isa.

Di samping itu walau pengetahuan modern pertama kali tumbuh di negeri-negeri pemeluk di Barat tapi rasanya tidak kena kalau hal itu dianggap sebagai tanggung jawab Isa. Dengan sendirinya tak seorang pun di antara para pemuka pemeluk menafsirkan ajaran Isa sebagai suatu seruan untuk melakukan penyelidikan terhadap dalam arti fisik. Yang terjadi justru sebaliknya: berbondong-bondongnya masyarakat memeluk mengakibatkan merosotnya baik dasar umum maupun tingkat umum minat terhadap pengetahuan.

Bahwa pengetahuan kebetulan tumbuh di sebenarnya suatu petunjuk adanya kultur yang diwariskan turun-temurun yang selaras dengan jalan pikiran . Ini samasekali tak ada sangkut-pautnya dengan ajaran-ajaran Isa tapi berkat pengaruh rasionalisme yang jelas tercermin dalam karya-karya dan Euclid. Adalah perlu dicatat timbulnya pengetahuan modern bukanlah di masa jaya-jayanya kekuasaan gerejani dan kesucian melainkan pada saat mulai menyingsingnya renaissance, saat tatkala sedang mencoba memperbaharui warisan sebelum Isa.

Kisah kehidupan Isa jika dikaitkan dengan tentulah sudah tidak asing lagi bagi para pembaca, karena itu bisa membosankan jika dikunyah-kunyah lagi. Tapi, ada juga segi-segi yang masih layak dicatat. Pertama, sebagian terbesar yang kita peroleh tentang kehidupan Isa tidak karu-karuan, simpang-siur tak menentu. Bahkan kita tidak tahu siapa nama aslinya. Besar kemungkinan nama aslinya Yehoshua, sebuah nama umum orang (orang Inggris menyebutnya ). Dan kelahirannya pun tidaklah pasti, walaupun 6 sebelum dapat dijadikan pegangan.

Malangnya, ajaran-ajaran Isa bertentangan satu sama lain dalam banyak pokok masalah. dan menyuguhkan versi yang samasekali berbeda mengenai kata-kata akhir yang diucapkan Isa. Kedua versi ini sepintas lalu tampak berasal dari kutipan-kutipan langsung dari .

Trending sekarang :
NABI MUHAMMAD (570 M - 632 M)

Sesungguhnya bukanlah barang kebetulan Isa mampu mcngutip dari . Sebab, meskipun Isa pemuka , dia sendiri sebetulnya seorang yang taat. Sudah sering sekali ditunjukkan bahwa Isa dalam banyak hal teramat mirip dengan -nabi kaum dari dan dia terpengaruh secara mendalam dengan mereka. Seperti halnya -nabi, Isa memiliki pesona personalitas luar biasa yang meninggalkan kesan mendalam dan tak terhapuskan begitu bertemu dengannya. Isa seorang yang mempunyai daya kharisma dalam arti yang sesungguh-sungguhnya .

Berbeda sangat dengan yang menggenggam kekuasaan dan di satu tangan, Isa tidak yunya pengaruh politis di masa hidupnya ataupun di berikutnya. (Kedua itu memang punya pengaruh tidak langsung dalam jangka panjang perkembangan ). Isa menyebar pengaruh sepenuhnya dalam ruang lingkup etika dan merupakan seorang pemimpin spiritual.

Apabila peninggalan Isa semata-rnata dalam kwalitas selaku pemuka spirituaI, tentu saja tepat jika orang mempertanyakan sampai sejauh mana gagasan spiritualnya mempengaruhi . Salah satu sentral ajaran Isa tentu saja Golden Rule-nya. Kini, Golden Rule-nya itu sudah diterima oleh banyak orang, apakah dia itu atau bukan sebagai patokan tingkah laku moral. Kita bisa saja berbuat tidak selalu atas dasar patokan itu, tetapi sedikitnya kita mencoba menyelusuri relnya. Jika Isa benar merupakan perumus pertama dari patokan dan petunjuk yang sudah diterima sebagai hampir prinsip yang universal, bisa dipastikan dia layak didudukkan pada urutan pertama daftar ini.

Tapi, fakta menunjukkan yang namanya, Golden Rule itu sebenarnya sudah menjadi patokan yang jadi pegangan , jauh sebetum Isa lahir. Pendeta Hillel, pemuka yang hidup satu sebelum secara terang-terangan mengatakan bahwa Golden Rule itu adalah patokan utama .

Hal ini bukan saja diketahui oleh Barat melainkan juga Timur. Filosof telah mengusulkan konsepsi ini pada 500 sebelum . Juga kata-kata seperti itu terdapat di dalam Mahabharata, kumpulan puisi purba. Jadi, kenyataan menunjukkan bahwa filosofi yang terkandung di dalam The Golden Rule diterima oleh hampir tiap kelompok besar.

Trending sekarang :
Riba

Apakah ini berarti Isa tak punya gagasan etik yang orisinil? Bukan begitu! Pandangan yang bermutu tinggi dan terang benderang di persembahkan dalam 5:43-44:

Kamu dengar apa yang dikatakan bahwa kamu harus mencintai tetanggamu dan membenci musuhmu. Tapi kukatakan padamu, kasihanilah mereka yang telah mengutukmu, berbuat baiklah kepada mereka yang membencimu, berdoalah buat mereka yang menaruh dendam kepadamu dan menganiayamu.

Dan sebelumnya berbunyi ” … janganlah melawan kejahatan. Jika mereka tampar pipi kananmu, berikan pipi kirimu juga.”

Kini, pendapat ini bukan merupakan bagian dari di masa Isa dan bukan pula jadi bagian pegangan -agama lain. Sudah dapat dipastikan merupakan yang pernah terdengar. Apabila ide ini dianut secara meluas, saya tidak ragu maupun bimbang sedikit pun menempatkan dalam urutan pertama dalam daftar.

Tapi, kenyataan menunjukkan anutan ide itu tidaklah meluas benar. Malahan, umumnya takkan bisa diterima. Sebagian besar pemeluk Nasrani rnenganggap perintah “Cintailah musuhmu” hanyalah bisa direalisir dalam sempurna, tapi tidak bisa jalan selaku penuntun tingkah laku di tempat kita semua hidup sekarang ini. Umumnya ajaran itu tidak dilaksanakan, dan pula tidak mengharapkan orang lain melakukannya. Kepada anak-anak pun kita tidak memberi ajaran begitu. Ajaran Isa yang paling nyata adalah tetap merupakan semacam ajaran yang bersifat kelompok dan secara mendasar tak liwat anjuran yang teruji lebih dulu.

Web

http://en.wikipedia.org/wiki/Jesus
http://en.wikipedia.org/wiki/Christology
http://en.wikipedia.org/wiki/New_Testament_view_on_Jesus’_life
http://www.newadvent.org/cathen/08377a.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Gospel_of_Judas
http://www.nationalgeographic.com/lostgospel/

Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah
Michael H. Hart, 1978
Terjemahan H. Mahbub Djunaidi, 1982
PT. Pustaka Jaya
Jln. Kramat II, No. 31A

Content Protection By Dmca.com

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh NABI ISA (6 SM - 30 M) dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here