Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini ?
+1

+1

1

+1

+1

+1

+1

61 / 100

Skor SEO

Estimasi Waktu Baca: 2 menit

Mimpi manusia untuk ‘menaklukkan’ masih terus diupayakan. Berbagai misi diluncurkan untuk mempelajari berbagai hal tentang merah tersebut. Akhir Desember lalu, Badan Antariksa kembali mengumumkan secara detail soal misi yang akan diluncurkan pada pertengahan 2020 nanti. akan mengirimkan lagi kendaraan penjelajah atau rover ke Mars. Rover yang diberi nama Mars 2020 ini nantinya akan mencari jejak kehidupan di Mars.

“Mars 2020 dirancang untuk mencari tanda-tanda kehidupan. Jadi kami membawa sejumlah instrumen berbeda yang akan membantu memahami konteks geologis dan kimia di permukaan Mars,” kata Matt Wallace, wakil pemimpin misi ini seperti dikutip dari Science Alert, Minggu (29/12/2019). Saat itu, planet Merah memiliki permukaan air yang hangat, atmosfer yang lebih tebal, dan gaya magnet. “Itu jauh lebih kondusif untuk jenis kehidupan sel tunggal sederhana yang berevolusi di pada waktu itu,” kata Wallace. Untuk menemukan jajak kehidupan tersebut, Mars 2020 akan mendarat di delta kering yang disebut Jezero. Kawah itu diprediksi menyimpan molekul organik kuno. Para ahli menyebut sekitar 3,5 sampai 3,9 miliar tahun lalu, tempat tersebut terhubung dengan jaringan sungai.

Selain itu, Mars 2020 dipersiapkan untuk membuka jalan bagi misi manusia di masa depan yang akan mempelajari planet Merah. Meski tak merinci secara gamblang, ahli menyebut kalau peralatan di atas rover akan memungkinkan untuk membuat oksigen. Termasuk juga di antaranya adalah bahan bakar yang akan digunakan untuk perjalanan pulang menuju Bumi.

Hot News :  Apollo 11 : Mengapa Foto Bumi Di Bulan Terlihat Ganjil ?

Mars 2020 rencananya akan meninggalkan Bumi pada Juli 2020 dan diluncurkan dari Cape Canaveral Florida. Mars 2020 akan menjadi penjelajah kelima yang mendarat di Mars. Pada rover terpasang 23 kamera serta alat pendengar yang memungkinkan untuk mendengarkan angin Mars. Selain itu juga terdapat laser yang digunakan untuk analisa kimia. Mars 2020 juga dilengkapi dengan lengan panjang serta bor untuk memecahkan sampel batuan di lokasi yang diidentifikasi para berpotensi cocok untuk kehidupan. Penjelajah luar angkasa ini seukuran mobil dengan enam roda, memungkinkannya melintasi medan berbatu. Per hari Mars, penjelajah ini akan menempuh sekitar 180 meter. Mars 2020 akan tetap aktif selama setidaknya satu tahun Mars atau sekitar dua tahun waktu Bumi.

Hot News :  Ditemukan Air Dingin di Mars

Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini ?
+1

+1

1

+1

+1

+1

+1

Liked it? Take a second to support 101 Kesalahan Flat Earth | Debunking Flat Earth on Patreon!

NASA Kirim Penjelajah Luar Angkasa Mars 2020 1

Content Protection by DMCA.com