Andorra

Lambang Andorra di parlemen Andorra.

Kepangeranan Andorra adalah sebuah kepangeranan kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya, di timur bantaran dan berbatasan dengan Prancis dan Spanyol. Negara mewah ini terkenal dengan sektor pariwisata dan status . Andorra merupakan sebagian dari .

Sejarah

Tradisi mengatakan bahwa Charlemagne memberikan piagam untuk orang Andorra sebagai pengganti perang mereka melawan . Jabatan maharaja di daerah itu diwariskan kepada lokal dan akhirnya kepada uskup dari keuskupan Urgell. Pada abad ke-11, terjadi pertentangan antara uskup dan tetangganya di utara Prancis atas Andorra.

Pada 1278, konflik itu diselesaikan dengan penandatanganan , yang menegaskan bahwa kedaulatan Andorra dipegang antara dari Prancis (yang akhirnya jabatannya diserahterimakan kepada kepala negara Prancis) dan uskup , di Katalonia, Spanyol. Ini memberikan kepangeranan kecil itu wilayahnya beserta bentuk politisnya.

Selama bertahun-tahun jabatan itu diwariskan kepada raja Navarre. Setalah Henrike dari Navarra menjadi Raja Henri IV dari Prancis, ia mengeluarkan dekrit (1607) yang memberikan kepala negara Prancis dan Uskup Urgell jabatan perangkap-pangeran Andorra.

Antara 1812–13, Kekaisaran Prancis menganeksasi Katalonia Spanyol dan membaginya menjadi 4 departemen. Andorra juga dianeksasi dan dijadikan bagian distrik Puigcerdà (département Sègre).

Pada 1933 Prancis menuduki Andorra sebagai akibat dari kerusuhan sosial sebelum pemilihan. Pada 12 Juli 1934, seorang penjelajah bernama mengeluarkan proklamasi di Urgel, menyatakan dirinya sebagai Boris I, pangeran berdaulat dari Andorra, secara serentak menyatakan perang kepada uskup Urgel. Ia ditangkap oleh pemerintah Spanyol pada 20 Juli dan akhirnya diusir dari Spanyol. Dari 1936 sampai 1940, sebuah detasemen Prancis ditempatkan di Andorra untuk mencegah pengaruh Perang Saudara Spanyol dan Francisco Franco Bahamonde. Namun, pasukan Francisco Franco mencapai perbatasan Andorra di akhir perang.

Selama PD II, Andorra tetap netral dan merupakan rute penyelundupan penting antara dan Spanyol.

Diberikan isolasi relatifnya, Andorra telah berada di luar arus utama sejarah Eropa, dengan sedikit ikatan kepada negara-negara selain Prancis dan Spanyol. Namun sekarang industri pariwisatanya yang berkembang pesat bersamaan dengan perkembangan dalam transportasi dan komunikasi telah memindahkan negara ini dari sistem isolasi dan politiknya dimodernisasikan pada 1993, tahun di mana negara ini menjadi anggota PBB.

Selama kurun waktu dua dekade terakhir gelombang migrasi orang afrika utara meningkat sampai 30% dari seluruh populasi yang ada, sehingga mengubah demografi yang ada.

Geografi

Serasi dengan letaknya di jajaran pegunungan timur, Andorra sebagian besar terdiri atas pegunungan yang tidak datar pada ketinggian rata-rata 1.996 m dengan yang tertingginya ialah pada 2.946 m. Dipotong oleh 3 lembah sempit dalam bentuk Y yang bergabung menjadi satu, sungai , yang menuju Spanyol (pada titik terendah di Andorra, yakni 870 m).

Iklim Andorra mirip dengan iklim sedang negara tetangganya, tetapi letaknya yang lebih tinggi berarti ada pada rata-rata lebih bersalju di musim dingin dan sedikit lebih dingin di musim panas.

Politik

Politik Andorra terjadi dalam bingkai kerja negara demokrasi representatif parlementer, di mana Perdana Menteri Andorra ialah kepala pemerintahan, dan dari sistem multipartai. dilaksanakan oleh pemerintahan. diberikan pada pemerintah dan parlemen. independen dari eksekutif dan legislatur.


Pembagian wilayah administratif

Andorra terbagi menjadi 7 wilayah administratif (parròquia):

Ekonomi

Dunia berbahasa Catalan
Bahasa
Sejarah
 · 
Takhta Aragon · Perjanjian Pirenia
Geografi
Catalonia · Valencia · Kepulauan Balearic
 · 
Andorra · Alghero
Pemerintah
Generalitat de Catalunya
Tradisi
 ·  ·  ·  · 
Seni
 · Antoni Gaudí · Modernisme
 · 
Salvador Dalí · Joan Miró

Pariwisata merupakan pemasukan utama ekonomi Andorra yang keseluruhannya terhitung tidak banyak, sektor ini menyumbang sekitar 80% PDB. Diperkirakan 9 juta wisatawan mengunjungi Andorra tiap tahun terutama karena status bebas beanya dan oleh fasilitas liburan musim panas dan dinginnya. Kini rata-rata perbandingan keuntungan yang diperoleh Andorra menurun karena dibukanya pintu ekonomi antara Prancis dan Spanyol yang berdampingan sehingga tersedianya barang dan ongkos yang lebih rendah menjadi mungkin.

Sektor perbankan dan status juga menyumbang banyak pada ekonomi. Produksi pertanian terbatas— di mana hanya 2% dari tanahnya baik untuk ditanami—dan sebagian besar makanan harus diimpor. Kegiatan peternakan yang penting ialah peternakan domba. Hasil manufaktur terutama terdiri atas rokok, cerutu, dan mebel.

Andorra bukanlah anggota penuh Uni Eropa, tetapi menikmati hubungan khusus yang terjalin, seperti diperlakukan sebagai anggota UE untuk perdagangan dalam barang-barang manufaktur (tanpa tarif) dan sebagai anggota UE untuk produk pertanian. Andorra tidak memiliki mata uangnya sendiri dan menggunakan mata uang kedua negara tetangganya. Sebelum 1999 mata uang Andorra ialah franc Prancis dan Spanyol, yang telah digantikan mata uang tunggal, euro. Tidak seperti negara-negara Eropa kecil lainnya yang menggunakan euro, Andorra belum mencetak sendiri; pada Oktober 2004, dimulai perundingan antara Andorra dan UE sehingga Andorra dapat mencetak koinnya sendiri. Sumber daya alam Andorra ialah tenaga air, air mineral, kayu, bijih besi, dan timah.

Demografi

Lihat pula:Daftar tokoh Andorra

Orang-orang Andorra merupakan minoritas di negerinya sendiri; hanya 33% penduduk memegang kewarganegaraan Andorra. Kelompok terbesar nasional asing ialah demikian orang Spanyol (43%), dengan Portugis (11%) dan Prancis (7%) beserta kelompok lainnya. Sisanya 6% termasuk dalam bangsa lain.

Bahasa

Bahasa Katalan, Bahasa Spanyol, Bahasa Prancis, dan Bahasa Portugis.

Budaya

Lihat juga:
Hari besar
Hari besar Nama dalam bahasa Indonesia Nama lokal Catatan
8 September Mare de Déu de Meritxell Hari libur nasional Andorra
14 Maret Hari Konstitusi Diada de la Constitució Diperingati pada 14 Maret 1993

Nomor Tanda Kendaraan

1888-2007 huruf-angka 3X contoh T509

Sisi Mengemudi

Kanan

Lihat pula

Bacaan lebih lanjut

  • Negara dan Bangsa Jilid 6: Eropa. Jakarta: Widyadara. 1988. ISBN 979-8087-05-4.  (Indonesia)

Pranala luar

  1. ^ "Human Development Index (HDI) – 2012 Rankings". United Nations. 2012. Diakses tanggal 16 November 2013.