Kroasia

Republik Kroasia (Republika Hrvatska) atau juga disebut Kroasia adalah negara berbentuk bulan sabit di Eropa yang berbatasan dengan Balkan di tenggara. Ibu kotanya adalah Zagreb. Dalam sejarahnya, negara ini merupakan negara republik untuk Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Negara ini melepaskan diri dan memperoleh kemerdekaan pada 1991 dan merupakan kandidat dari Uni Eropa.

Kroasia adalah anggota dari PBB, yang , di Dewan Eropa dan merupakan non-anggota tetap dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk istilah 2008-2009. Negara ini juga untuk keanggotaan dari Uni Eropa dan calon anggota NATO. Kroasia diharapkan resmi bergabung NATO pada April 2009,[4] sehingga kedua Republik Sosialis Federal Yugoslavia bangsa untuk bergabung dengan aliansi militer berikut Slovenia. Selain itu, Kroasia juga merupakan anggota dari Uni untuk Mediterania setelah didirikan pada 2008.

Sejarah

Sejarah awal

,Saat kedatangan dari Croats di pantai dari Adriatik

Di daerah yang kini telah dikenal dengan Kroasia sejak periode prasejah ini, telah dihuni sejak zaman Batu. Fosil Neandertal yang berasal dari zaman Paleolitik Pertengahan, telah ditemukan di bagian utara Kroasia, dengan situs yang terkenal dan terbaik di Krapina. Sisa-sisa beberapa budaya Neolitik dan Kalkolitik telah ditemukan di seluruh negeri. Proporsi terbesar dari situs ini adalah di lembah sungai Kroasia bagian utara, dan budaya yang paling signifikan terlihat adalah S, dan . Peradaban Logam meninggalkan jejak dari peradaban awal (awal ) dan (Celt).

Banyak kedua daerah itu dihuni oleh dan , dan koloni Yunani didirikan di pulau Vis (oleh ) dan Hvar.[5] 9 AD di wilayah yang sekarang Kroasia menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi. Kaisar Romawi Diocletian membangun dalam Split di mana ia pensiun dari politik dalam AD 305.[6] Selama abad terakhir 5. Kaisar Roma Julius Nepos kecil yang memerintah kerajaan Diocletian dari Istana sebelum dia meninggal di AD 480. Awal sejarah Kroasia berakhir dengan Avar invasi pada setengah dari abad 7. Dan pemusnahan di hampir seluruh kota Roma. Penduduk kota Roma melarikan diri ke arah kota-kota pesisir dan pulau-pulau, di mana dapat mengatur lebih baik dalam mempertahankan poin strategis. Kota Dubrovnik hari ini didirikan oleh orang-orang yang selamat dari Epidaurum.

Kerajaan Kroasia sebelum Habsburgs

The Croats tiba pada hari ini adalah apa Kroasia pada abad ketujuh. Mereka disusun dalam dua s; di tanah milik duke dari di utara dan dari tanah milik duke di selatan. Sebagian besar, yang Kristenisasi yang menetap Croats berakhir pada abad 9. Kedua Duke ini menjadi Frankish vasals pada akhir abad ke-8, dan akhirnya menjadi independen pada abad berikut.

Penguasa pertama Kroasia diakui oleh paus adalah duke , yang disebutdux Croatorum( "raja Croats") di 879.[7] . Selama di awal abad 10. telah melampaui oleh , yang kemudian dikalahkan oleh duke dari yang dikelola untuk bersatu dengan 2 duchies, dan telah crowned di 925 pertama sebagai raja kerajaan Kroasia. Terpenting ini kemudian dikonfirmasi oleh Byzantium yang telah memberikan raja mahkota ke [8] mahkota paus dan raja ke . The abad Kroasia kerajaan mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Raja Petar Krešimir IV (10581074). Setelah kehilangan Kroasia yang memerintah dinasti di 1091 saudara terakhir Kroasia ratu akan menjadi raja Kroasia. Bangsawan Kroasia dari daerah pesisir ini bertentangan terpenting yang menyebabkan 10 tahun perang dan pengakuan terhadap Hungaria penguasa sebagai raja untuk umum dan Kroasia Hungaria dalam perjanjian dari 1102 (sering disebut sebagai ). Kerajaan Kroasia selama pribadi serikat tidak pernah kehilangan hak untuk memilih raja-raja yang berbeda dari Hongaria yang telah memerintah dinasti menjadi punah, dan di dan [http:// www.zadarskilist.hr/clanci/07072008/kako-je-i-zasto-ladislav-prodao-dalmaciju] Kroasia memilih raja-raja yang berbeda, namun kedua dalam kasus Kerajaan Hungaria telah menyatakan perang pribadi dan kesatuan itu didirikan lagi.

Selama 4 abad pribadi kesatuan Kerajaan Kroasia akan memerintah oleh diangkat oleh raja Hungaria. Lainnya akibat dari perubahan kepada raja Hungaria termasuk pengenalan feodalisme dan kebangkitan yang mulia asli keluarga seperti dan . Raja-raja yang kemudian berusaha untuk mengembalikan sebagian dari mereka sebelumnya hilang pengaruh tertentu dengan memberikan hak kepada kota.

Pertama periode pribadi kesatuan antara Kroasia Hungaria dan berakhir pada 1526 dengan dan kekalahan dari Hongaria memaksa oleh Ottomans. Setelah kematian Raja Louis II, Kroasia nobles di sidang memutuskan untuk memilih Habsburgs untuk raja-raja baru dari Kroasia di bawah kondisi yang mereka berikan cukup tentara dan uang untuk perlindungan terhadap Croatia dari invasi Ottomans.

Habsburgs

Lambang historis dari Trojedna kraljevina Kroasia sampai 1918.

Segera setelah Pertempuran Mohács Habsburgs tidak berhasil berusaha untuk menstabilkan perbatasan antara Ottomans dan Kerajaan Kroasia dengan menciptakan kapten dalam Bihać, tetapi pada 1529 yang Turks swept melalui daerah, diambil Buda terkepung dan Wina, wreaking malapetaka di seluruh wilayah perbatasan Kroasia. Setelah kegagalan pertama militer proyek, Kerajaan Kroasia telah menjadi sipil dan militer di memperdua 1553. Militer dari separuh Habsburgs telah membuat dan dan akhirnya keduanya akan menjadi bagian dari yang berada di bawah pengawasan langsung dari Wina. Turki menyerang di wilayah Kroasia, berlangsung sampai 1593 dan Pertempuran Sisak setelah batas yang stabil dalam jangka panjang. Kerajaan waktu itu telah menjadi dikenal dengan nama peninggalan reliquiarum olim inclyti Regni Croatiae( "The tetap yang tetap dari "). Selama Slavonia itu akan dikembalikan, tetapi perbukitan barat Bosnia yang telah menjadi bagian Kroasia sampai penaklukan Usmani tidak akan dikembalikan hari ini dan bentuk yang menyerupai sebuah bulan sabit yang ladam atau merupakan sisa dari hasil sejarah ini. Selatan bagian ladam yang telah dibuat dengan Republik Venesia 's penaklukan setelah dan selama abad ke17-18 perang dengan Dinasti Ottomans. Resmi alasan ini Venesia ekspansi setelah abad 15. Adalah keputusan yang bermahkota raja Kroasia, , yang menjual hak-Nya pada Dalmatia ke dalam Venesia 1409 zadarskilist.hr/clanci/07072008/kako-je-i-zasto-ladislav-prodao-dalmaciju.

Ladam bagian selatan harus dibuat oleh Republik Dubrovnik yang didirikan pada 1358 dengan perjanjian Zadar di mana Republik Venesia dikalahkan oleh Croato-Hongaria pribadi serikat telah meninggalkan semua kota-kota di pesisir Dalmatia. Selama 450 tahun akan perdagangan Dubrovnik republik dengan sambungan di semua negara Eropa dan Mediterania dan bahkan akan memiliki koloni di India. Republik akan annexed hanya 1808 oleh Napoleon dan hari ini adalah kota wisata yang terkenal adalah pada Situs Warisan Dunia s daftar.

Kroasia tahun 1918 menjadi bagian dari yang kemudian diubah namanya ke Kerajaan Yugoslavia.

Ndh 1941.png

Dalam 1941-1945, selama Perang Dunia II, sebuah dikenal sebagai ada di layanan kepada rezim Nazi. Modern Kroasia dibuat pada anti-fasis partisans yayasan [9] selama , yang menjadi pokok dari republik federal Republik Sosialis Federal Yugoslavia.

Dalam 1941-1945, selama Perang Dunia II, sebuah Pada tahun 1990, setelah memegang pemilu demokratis pertama di negeri ini, memenangkan pemilu dari telah bertentangan di kota dengan mayoritas Serbia memproklamirkan diri dan otonomi, dimulai pada tahun 1991 sebuah pemberontakan yang ternyata menjadi panjang dan berdarah . Perang telah dilancarkan antara pasukan Kroasia dan menyatakan diri membantu Serbia-dikontrol oleh . Akhirnya perang berakhir pada 1995 dengan kemenangan Kroasia dan pesanan Republik Serbia Krajina dari kepemimpinan untuk segera evakuasi semua penduduk terhadap Bosnia Herzegovina.

Kroasia telah diakui secara internasional pada 15 Januari, 1992, oleh Uni Eropa dan PBB, di saat ketika ia tidak memiliki kedaulatan penuh selama lebih dari sepertiga wilayah-nya. Negara pertama yang mengenali Kroasia adalah Indonesia pada 19 Desember 1991.[10]

Geografi

Peta Kroasia

Kroasia terletak antara Eropa Selatan dan Eropa Timur. Berbentuk menyerupai sebuah bulan sabit atau ladam, negara tetangga yang mengapit adalah Serbia, Bosnia Herzegovina dan Montenegro. Terletak di sebelah utara Slovenia dan Hungaria; Italia yang terletak di Laut Adriatik. Itu adalah wilayah daratan terpecah dalam dua bagian non-menyebelah oleh jangka pendek dari garis pantai dan Bosnia Herzegovina sekitar .

Memiliki daerah yang beragam, termasuk:

, termasuk Kroasia ke Kerajaan utara dan bersama-sama antara Eropa Tengah dan Illyrian provinsi dari dan Adriatik provinsi dari . Menurut WWF, di wilayah Kroasia dapat terbagi lagi menjadi tiga s: di , dan .

Negara ini terkenal dengan banyak . Kroasia memiliki iklim campuran. Di sebelah utara dan timur itu adalah kontinental, Mediterania di sepanjang pantai dan semi-tinggi dan di selatan pusat-daerah. Istra memiliki iklim , sementara Kepulauan adalah iklim subtropis.

Lepas pantai Kroasia terdiri lebih dari seribu satu pulau dalam berbagai ukuran. Pulau terbesar di Kroasia adalah Cres dan Krk yang terletak di Laut Adriatik. Danau Danube, sungai lama kedua Eropa, melalui kota . , singkatan yang terkenal dari , adalah puncak tertinggi di Kroasia, dengan mempunyai tinggi 1831 meter di atas permukaan laut.[11]

Pulau Mljet
Teluk Lučice, terletak di dekat , Brač
, merupakan salah satu UNESCO .
Istana
Kota tua Dubrovnik, yang merupakan warisan budaya UNESCO dan sering menjadi tempat favorit turis.

Terdapat 49 pits lebih dari 250 m di Kroasia, 14 di antaranya adalah lebih dari 500 m dan tiga lebih dari 1000 m (Goa sistem Lukina jama-Trojama, Slovacka dan jama Gua sistem Velebita). Lubang terdalam di Kroasia sebagian besar ditemukan di dua daerah - Gunung Velebit dan Gunung Biokovo.[12]

Situs Warisan Dunia

  • Episcopal Kompleks dari di Historic Centre of Poreč (1997)
  • Kota Bersejarah Trogir (1997)
  • Riwayat Kompleks dari Split dengan Istana Diocletian (1979)
  • Kota Tua Dubrovnik (1979)
  • di Šibenik (2000)
  • Dataran (tinggi atau rendah?) dan pulau (2008)
  • Taman Nasional (1979)

Politik

- 2-story baroque building which was the residence of Croatian from 1809 until 1918

Karena adopsi dari 1990 , Kroasia telah menjadi demokrasi. Antara 1990 dan 2000 ini memiliki , dan sejak 2000 ia memiliki .

Presiden Republik (Predsjednik) adalah kepala negara, dipilih secara langsung untuk lima tahun dan dibatasi oleh konstitusi untuk maksimal dua istilah. Selain menjadi dari angkatan bersenjata, presiden mempunyai kewajiban prosedural dalam penunjukan Perdana Menteri dengan persetujuan dari Parlemen, dan memiliki pengaruh pada politik luar negeri. Ia berkediaman resmi di . Selain itu juga Villa musim panas di pulau Vanga ( pulau-pulau) dan pulau Hvar.

(Sabor) adalah legislatif (kedua ruang, maka "Rumah negara", yang didirikan oleh Konstitusi 1990, pada tahun 2001 telah ditiadakan) . Jumlah sabor dari anggota dapat bervariasi dari 100 hingga 160; mereka semua dipilih oleh suara rakyat untuk melayani empat tahun istilah. Pleno pada sesi sabor yang berlangsung dari 15 Januari ke 15 Juli, September dan dari 15 sampai 15 Desember.

Pemerintah Kroasia (Vlada) yang dipimpin oleh yang memiliki dua wakil perdana menteri dan empat belas menteri di sektor tertentu biaya kegiatan. The eksekutif yang bertanggung jawab untuk mengajukan perundang-undangan dan anggaran, melaksanakan undang-undang, dan pedoman yang asing dan kebijakan internal dari republik. Kediaman resmi pemerintah adalah di .

Hukum

Kroasia memiliki tiga sistem peradilan berjenjang, yang terdiri dari , , dan pengadilan kota. memiliki peraturan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan . Penegakan hukum di Kroasia adalah menjadi tanggung jawab polisi memaksa Kroasia, yang berada di bawah kontrol dari .[13][14] Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan yang telah melakukan reformasi yang dengan bantuan dari lembaga internasional, termasuk sejak misinya ke Kroasia dimulai pada 18 April 1996 .[13]

Pembagian administratif

Kroasia dibagi menjadi 20 negara (zupanija) dan Zagreb adalah salah satu kota kabupaten terpopuler di sana. (dalam huruf miring di bawah ini):

Nama paling terkenal Nama asli
1 Zagrebačka
2 Krapinsko-zagorska
3 Sisačko-moslavačka
4 Karlovačka
5 Varaždinska
6 Koprivničko-križevačka
7 Bjelovarsko-bilogorska
8    Primorsko-goranska
9 Ličko-senjska
10 Virovitičko-podravska
11 Požeško-slavonska
12 Brodsko-posavska
13 Zadarska
14 Osječko-baranjska
15 Šibensko-kninska
16 Vukovarsko-srijemska
17 Splitsko-dalmatinska
18 Istarska
19 Dubrovačko-neretvanska
20 Međimurska
21 City of Zagreb Grad Zagreb

Ekonomi

Kroasia ekonomi yang memiliki fungsi ekonomi pasar stabil. International Monetary Fund data menunjukkan bahwa Kroasia berdiri pada $ 50,053 miliar, atau $ 11.271 per kapita, pada tahun 2007.[15] Perkiraan IMF untuk 2008 adalah $ 54,950 miliar, atau $ 13.553 per kapita.[15] Dalam paritas daya beli istilah, total PDB adalah $ 69,866 miliar pada 2007, setara dengan $ 15.733 per kapita.[15] Untuk 2008, adalah ramalan menjadi $ 74,419 miliar, atau $ 16.758 per kapita.[15]

Menurut Eurostat data, Kroasia PPS PDB per kapita berdiri pada 57,5 persen dari Uni Eropa pada tahun 2007 rata-rata, dan ramalan adalah untuk mencapai 57,8 persen pada 2008.[16] Pertumbuhan riil PDB pada tahun 2007 adalah 6,0 persen.[17] Rata-rata gaji kotor dari Kroat selama sembilan bulan pertama 2008 adalah 7161 kuna ( 1530) per bulan [18] Dalam 2007, International Labour Organization-ditentukan pengangguran berdiri pada tingkat 9,1 persen, setelah jatuh mantap dari 14,7 persen pada tahun 2002.[19] Terdaftar di tingkat pengangguran yang lebih tinggi, meskipun, berdiri di 13,7 persen pada Desember 2008.[20]

Pada tahun 2007, 7,2 persen dari output ekonomi telah menyumbang oleh pertanian, 32,8 persen oleh industri dan 60,7 persen oleh sektor jasa.[21] Menurut data 2004, 2,7 persen dari angkatan kerja yang bekerja di sektor pertanian, 32,8 persen oleh industri dan 64,5 pelayanan.[21]

Sektor industri yang didominasi oleh kapal, pengolahan makanan dan industri kimia. Pariwisata adalah tokoh sumber pendapatan selama musim panas, dengan lebih dari 10 juta wisatawan asing pada tahun 2006 yang menghasilkan pendapatan dari € 8 miliar.[22] Kroasia peringkat 18. Sebagai daerah tujuan wisata paling populer di dunia.[22] Croatia tahun 2006 diekspor barang dengan nilai sebesar $ 10,4 miliar ( FOB) ($ 19,7 miliar termasuk layanan ekspor).[22]

Yang khusus yang backlogged sistem, dikombinasikan dengan tidak efisien administrasi publik, khususnya masalah kepemilikan tanah dan korupsi. Masalah utama yang lain termasuk negara berkembang besar dan hutang yang telah mencapai lebih dari 34 miliar euro atau 89,1 persen dari produk domestik bruto bangsa.[23] Karena masalah ini, studi menunjukkan bahwa penduduk Kroasia umumnya memiliki harapan negatif dari negara ekonomi pada masa depan.[24]

Negara telah mempersiapkan keanggotaan di Uni Eropa, yang paling penting perdagangan mitra. Pada bulan Februari 2005, dengan Uni Eropa secara resmi mulai berlaku.

Demografi

Evacuation order

Selama lebih dari 20 abad penduduk Kroasia telah meningkat dari 3430270 di 1931-4784265 pada tahun 1991[25]. Selama dekade terakhir abad 20 penduduk Kroasia telah tersendat karena . Selama , bagian besar dari penduduk yang telantar dan emigrasi meningkat. Dalam, 1991 saat pembersihan etnis promosi yang dilakukan oleh pasukan pemberontak-orang Serbia di wilayah Serbia dan Kroasia Kroat militer di daerah-diisi, 80000 Croats itu diusir dari rumah mereka secara paksa atau melarikan diri dengan kekerasan.[26] 350,000[butuh rujukan]. During last days of war 350,000[butuh rujukan] Serbs left Croatia under evacuation order of the rebel Serb government. 11,834 Croats were killed and 1,348 are still missing.[27][28] Banyak Croats telah kembali tetapi porsi besar melarikan diri ke Eropa barat dan tinggal di sana. Banyaknya jumlah Croats (sekitar 118.000) diusir dari Serbia-Bosnia diselenggarakan bagian, kebanyakan pada tahun 1992 terus tinggal di Kroasia tidak dapat kembali ke rumah mereka.[29] Beberapa 200.000 [30][31] melarikan diri pada akhir perang. Ratusan warga sipil telah tewas selama , sesuai dengan BBC.[32] Hanya sebagian kecil pecahan dari telah kembali ke tanah air mereka sejak tahun 1995, menurut Human Rights Watch.[33] Tingkat pertumbuhan penduduk yang sedang negatif [21] dengan selesai pada tahun 1970-an.[34] Rata-rata harapan hidup adalah 75,1 tahun,[21] dan tingkat melek aksara adalah 98,1 persen.[21] Selama tahun terakhir pemerintah Kroasia di bawah tekanan untuk menambahkan setiap tahun bahkan lebih 40% asing untuk izin kerja pekerja asing [1] dan sedang mencoba dengan kebijakan imigrasi untuk memanggil kembali emigrants untuk kembali [2]. Utama dari Kroasia adalah agama Katolik Roma 88%, Ortodoks 4,4%, Kristen lainnya 0,4%, Muslim 1,3%, dan lainnya yg tak ditentukan 0,9%, tidak ada 5,2%.

Budaya

Pranala luar

Referensi

  1. ^ a b c d "World Economic Outlook Database, October 2014". International Monetary Fund. Diakses tanggal 19 April 2015. 
  2. ^ "Gini coefficient of equivalised disposable income (source: SILC)". Eurostat Data Explorer. Diakses tanggal 13 Agustus 2013. 
  3. ^ "Human Development Report 2011" (PDF). United Nations. 2011. Diakses tanggal 27 November 2011. 
  4. ^ ((mempercontohkan web | title = NATO tanda anggota accession protokol untuk Albania, Croatia | penerbit = Cina Lihat | url =)) http://news.xinhuanet.com/english/2008-07/09/content_8518137.htm
  5. ^ ((mengutip buku | terakhir = Wilkes | pertama JJ = | title = The Illyrians | tahun = 1992 | isbn = 0631198075 | halaman = 114 | kutipan =... pada awal sejarah koloni menetap di 385 SM di pulau Pharos (Hvar) dari pulau Aegean Paros, termasyhur karena marmer. Dalam mode tradisional mereka menerima petunjuk yang bijaksana, ...}}
  6. ^ Siamang, Edward. The Decline and Fall of the Roman Empire, Modern Library, New York, p. 335
  7. ^ Stjepan Antoljak, ditampilkan hrvatske povijesti, Split 1993., Str. 43.
  8. ^ Recipiebant Enim regie dignitatis lambang ab imperatoribus Constantinopolitanis et dicebantur eorum eparchi siue patritii
  9. ^ konstitusi Kroasia
  10. ^ ((mempercontohkan web | url = http://www.sabor.hr/Default.aspx?art=1769&sec=461%7Ctitle=Važniji datumi iz povijesti saborovanja | penerbit = Hrvatski sabor | accessdate = 2008/04/23))
  11. ^ ((mempercontohkan web | url = http://www.summitpost.org/mountain/rock/151472/dinara.html%7Ctitle=Dinara - Climbing, Hiking & gunung | penerbit = SummitPost | accessdate = 2008/05/16) )
  12. ^ ((mempercontohkan web | url = http://public.carnet.hr/speleo/karta.html%7Ctitle=Caves di Kroasia | penerbit = The Speleological Komite dari Kroasia gunung Asosiasi | accessdate = 2008/08/22))
  13. ^ a b Misi OSCE ke Kroasia diambil 19 Mei 2007
  14. ^ Polisi, Kroasia diambil 19 Mei 2007
  15. ^ a b c d "World Economic Outlook Database". International Monetary Fund. October 2007. Diakses tanggal 2008-03-09. 
  16. ^ ((mempercontohkan web | url = http://epp.eurostat.ec.europa.eu/portal/page?_pageid=1996, 39140985 & _dad = portal & _schema = PORTAL & detailref layar = & language = id & produk = STRIND_ECOBAC & root = STRIND_ECOBAC/ecobac/eb011 | title = PDB per kapita di PPS | penerbit = Eurostat | accessdate = 2008/03/09))
  17. ^ "Real GDP growth rate". Eurostat. Diakses tanggal 2008-05-21. 
  18. ^ ((mempercontohkan web | url = http://www.suvremena.hr/9044.aspx%7Ctitle=Plaće nominalno veće, ali realno u PADU | accessdate = 2008/11/21 | tanggal = 2008/11/06 | kerja = Suvremena.hr | bahasa = Bahasa Kroasia))
  19. ^ "Unemployment rate – total". Eurostat. Diakses tanggal 2008-03-09. 
  20. ^ "Bulletin 134" (PDF). Croatian National Bank. February 2008. Diakses tanggal 2008-03-22. 
  21. ^ a b c d e ((mempercontohkan web | url = https: / / www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/hr.html|title=Croatia|publisher=CIA World Factbook | tanggal = 2008/03/06 | accessdate = 2008/03/09))
  22. ^ a b c ((mempercontohkan web | url = http://www.unwto.org/facts/eng/pdf/barometer/UNWTO_Barom07_3_en.pdf%7Ctitle=UNWTO World Tourism barometer | tanggal = Oktober 2007 | accessdate = 2008/04/23))
  23. ^ [22% https://archive.is/20120913135710/www.monstersandcritics.com/news/business/news/article_1411971.php/ANALYSIS_Despite_debt_Croatia_&quotnot_under_financial_collapse_threat Analisis: Walaupun hutang, Kroasia "tidak roboh keuangan di bawah ancaman"]
  24. ^ Gallup memantau Balkan: 2008 Ringkasan temuan
  25. ^ vojska.net
  26. ^ "Summary of judgement for Milan Martić". United Nations. 2007-06-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-08-18. Diakses tanggal 2008-06-21. 
  27. ^ ((mempercontohkan web | url = http://www.b92.net/info/vesti/index.php?yyyy=2008&mm=06&dd=16&nav_id=303940%7Ctitle=Još 17,158 u evidenciji nestalih | tanggal = 2008/06/16 | penerbit = B92 | bahasa = Bahasa Serbo-Kroat | accessdate = 2008/06/21))
  28. ^ ((mempercontohkan web | url = http://www.hrw.org/reports/1997/croatia/Croatia-02.htm%7Ctitle=Croatia%7Cpublisher=Human Rights Watch | accessdate = 2008/06/21))
  29. ^ ((mempercontohkan web | url = http://www.bh-hchr.org/Reports/reportHR2006.htm%7Ctitle=Report pada Status Hak Asasi Manusia di Bosnia dan Heregovina | tanggal = 2007/02/12 | penerbit = Helsinki Komite Hak Asasi Manusia di Bosnia dan Herzegovina | accessdate = 2008/06/21))
  30. ^ ((mempercontohkan berita | url = http://news.bbc.co.uk/2/hi/europe/4125640.stm%7Ctitle Storm = Croatia tanda peringatan | publisher = BBC News | date = 2005/08/05 | accessdate = 2008/04/23))
  31. ^ ((mempercontohkan web | url = http://www.amnesty.org/en/library/asset/EUR64/002/2005/en/dom-EUR640022005en.html%7Ctitle=Croatia: Operasi "Storm" - masih ada keadilan di sepuluh tahun | penerbit = Amnesty International | tanggal = 2005/08/04 | accessdate = 2008/04/23))
  32. ^ ((mempercontohkan web | url = http://news.bbc.co.uk/1/hi/world/europe/5258610.stm | title = Serbs lihat baru 'kejahatan perang' tape | publisher = BBC News | date = 2006 -08-09 | accessdate = 2009/01/03))
  33. ^ ((mempercontohkan web | url = http://www.hrea.org/lists/refugee-rights/markup/msg00610.html | title = [email protected] - Kroasia: berjanji untuk kembali pengungsi Serbia dapat memperlambat tawaran Uni Eropa | penerbit Hrea.org = | tanggal = | accessdate = 2009/01/03))
  34. ^ ((mempercontohkan jurnal | terakhir = Mrđen | pertama Snježana = | coauthors = Friganović, Mladen | tanggal = 1998 | title = The demografis dalam situasi Croatia | jurnal = Geoadria | volume = 3 | pages = 29-56 | url = http:/ / hrcak.srce.hr/file/14991))