Mali

Republik Mali (bahasa Prancis: République du Mali) adalah sebuah negara yang terkurung daratan (landlocked country) di Afrika Barat, sebelumnya merupakan jajahan Prancis. Negara terbesar kedua di Afrika Barat ini berbatasan dengan Aljazair di sebelah utara, Niger di timur, Burkina Faso dan Pantai Gading di selatan, Guinea di barat daya, serta Mauritania di barat. Perbatasannya di sebelah utara memanjang ke tengah gurun Sahara. Mayoritas penduduknya tinggal di wilayah selatan, di mana terdapat Sungai Niger dan Senegal. Negara yang dahulunya bernama Sudan Prancis ini mengambil namanya dari Kekaisaran Mali.

Pada 20 Desember 2012, untuk membantu Mali merebut kembali wilayah utara negeri itu yang kini dikuasai kelompok pemberontak Islam, Dewan Keamanan PBB, menyetujui pengiriman pasukan militer Afrika [5]. Pemberontak Tuareg dan kelompok militan Islam yang terkait Al-Qaeda memanfaatkan kudeta pada Maret lalu untuk menguasai wilayah utara yang luas.

Sejarah

Geografi

Politik

Pembagian administratif

Mali Regions.png

Mali dibagi menjadi delapan region (régions) dan satu distrik.[6] Setiap region memiliki gubernur sendiri.[7] Karena ukuran satu region sangat besar, maka dibagi lagi menjadi 49 , dan 288 arrondissement.[8] Wali Kota dan anggota dewan kota terpilih memerintah arrondissement.[7]

Daftar region dan distrik di Mali adalah sebagai berikut:

Ekonomi

Demografi

Budaya

Referensi

  1. ^ Presidency of Mali: Symboles de la République, L'Hymne National du Mali. Koulouba.pr.ml. Retrieved 4 May 2012.
  2. ^ a b c d "Mali". International Monetary Fund. Diakses tanggal 18 Agustus 2015. 
  3. ^ "Gini Index". World Bank. Diakses tanggal 2 Maret 2011. 
  4. ^ "2014 Human Development Report Summary" (PDF). United Nations Development Programme. 2014. hlm. 21–25. Diakses tanggal 27 Juli 2014. 
  5. ^ Artikel:"PBB Setujui Intervensi Militer di Mali" di Kompas.com
  6. ^ Martin, p. 134.
  7. ^ a b DiPiazza, p. 37.
  8. ^ Imperato, Gavin (2006). "From Here to Timbuctoo: A story of discovery in West Africa". . Diakses tanggal 2008-06-03. 

Pranala luar