Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini ?
+1

+1

+1

+1

+1

+1

71 / 100

Skor SEO

Estimasi Waktu Baca: < 1 Menit

Gedung adalah salah satu gedung milik kementrian luar negeri dan peninggalan kolonial, berdiri sejak tahun 1830 oleh arsitek J.Tromp. Bangunan ini merupakan bangunan cagar budaya yang semula diperuntukkan kediaman panglima tentara perang kerajaan Belanda saat itu.

Silih berganti fungsi dari gedung ini sejak jaman pendudukan Belanda hingga Jepang. Namun yang pasti tidak akan terlupakan adalah gedung ini telah menjadi saksi pidato lahirnya pancasila oleh Bung Karno di tanggal 1 Juni 1945. Tak hanya sejarahnya, arsitektur bangunan ini juga sangat menarik, karena bergaya neoklasik dan sarat akan kemegahan.

Berbicara mengenai gedung pancasila dan sejarah pancasila, tak lepas dari cerita lambang negara yaitu burung pancasila. pancasila yang kita kenal sekarang merupakan rancangan terakhir dari proses yang panjang dari hasil karya seorang Sultan Hamid II. Hal itu bisa terajdi karena Soekarno menugaskan Sultan Hamid untuk menyiapkan gedung parlemen dan lambang negara berdasarkan konstitusi tahun 1949.

Hot News :  Convex Earth Theory Lebih Mirip WC Umum

Berbekal sketsa-sketsa berupa garuda, Sultan Hamid merancang lambang negara.

Kemudian Sultan Hamid harus melewati beberapa proses dan revisi, hingga diserahkan kepada presiden Soekarno untuk diberi disposisi berisi pernyataan presiden Soekarno yang menetapkan sketsa itulah yang harus dipakai menjadi lambang negara pada 20 Maret 1950.

Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini ?
+1

+1

+1

+1

+1

+1

Liked it? Take a second to support 101 Kesalahan Flat Earth | Debunking Flat Earth on Patreon!

Perjalanan Panjang Lambang Negara Indonesia 1

Content Protection by DMCA.com