Peta Bumi Kuno
Peta dunia Ptolemeus tertua yang masih ada, digambar ulang menurut proyeksi pertamanya oleh para biarawan di Konstantinopel di bawah Maximus Planudes sekitar tahun 1300
Peta Bumi Kuno
101KFE Assistant | Portal Education News

Bumi Kuno merupakan dunia paling awal yang diketahui berasal dari zaman kuno klasik, contoh tertua dari abad ke-6 hingga ke-5 SM masih didasarkan pada paradigma Bumi datar. dunia yang mengasumsikan Bumi bulat pertama kali muncul pada periode . Perkembangan geografi Yunani selama masa ini, terutama oleh Eratosthenes dan Posidonius memuncak pada era Romawi, dengan dunia (abad ke-2 M), yang tetap berwibawa sepanjang Abad Pertengahan, berikut beberapa penjelasan dari kuno tersebut.

Sejak Ptolemeus, pengetahuan tentang perkiraan ukuran Bumi memungkinkan para kartografer memperkirakan luasnya pengetahuan geografis mereka, dan untuk menunjukkan bagian-bagian planet yang diketahui ada tetapi belum dieksplorasi sebagai . Dengan Era Penemuan, selama abad ke-15 hingga ke-18, peta dunia menjadi semakin akurat; eksplorasi Antartika, Australia, dan pedalaman Afrika oleh pembuat peta barat dilakukan pada abad ke-19 dan awal abad ke-20.

  • Peta Bumi Babilonia Imago Mundi (ca. 6th c. BCE)
Imago Mundi
Imago Mundi Babylonian map, the oldest known world map, 6th century BCE Babylonia. Now in the British Museum. 101KFE Assistant | Portal Education News

Peta dunia Babilonia, yang dikenal sebagai Imago Mundi , biasanya berasal dari abad ke-6 SM. Peta yang direkonstruksi oleh Eckhard Unger menunjukkan Babilon di Efrat, dikelilingi oleh daratan melingkar termasuk Asyur, Urartu (Armenia) dan beberapa kota, pada gilirannya dikelilingi oleh “sungai pahit” (Oceanus), dengan delapan Daerah-daerah terpencil (nagu) disusun mengelilinginya dalam bentuk segitiga, sehingga membentuk bintang. Teks terlampir menyebutkan jarak tujuh beru antar daerah terpencil. Deskripsi dari lima dari mereka bertahan:

    • Wilayah ketiga adalah di mana “burung bersayap tidak berhenti terbang,” yaitu tidak dapat mencapai.
    • Di wilayah keempat “cahayanya lebih terang dari matahari terbenam atau bintang-bintang”: ia terletak di barat laut, dan setelah matahari terbenam di musim panas praktis berada dalam keadaan semi-kabur.
    • Wilayah kelima, ke utara, terletak dalam kegelapan total, sebuah negeri “di mana orang tidak melihat apa-apa”, dan “matahari tidak terlihat”.
    • Wilayah keenam, “tempat tinggal banteng bertanduk dan menyerang pendatang baru”
    • Wilayah ketujuh terletak di timur dan merupakan “tempat fajar menyingsing”.
Trending sekarang :
Biologi Struktur Sel

Paragraf terakhir merangkum, “Di semua delapan” wilayah “(nagu) dari empat pantai (kibrati) dari ea [r …], interiornya tidak ada yang tahu”.

Reconstruction of Anaximander's map
101KFE Assistant | Portal Education News

Anaximander (meninggal sekitar 546 SM) dikreditkan karena telah menciptakan salah satu peta dunia pertama, yang berbentuk lingkaran dan menunjukkan tanah yang diketahui di dunia yang dikelompokkan di sekitar Laut Aegea di tengahnya. Ini semua dikelilingi oleh lautan.

  • Peta Bumi dari Miletus (c. 550–476 SM)
Reconstruction of Hecataeus' map
101KFE Assistant | Portal Education News

Hecataeus dari Miletus (meninggal sekitar 476 SM) dikreditkan dengan sebuah karya berjudul Ges Periodos (“Perjalanan keliling Bumi” atau “Survei Dunia”), dalam dua buku masing-masing disusun dengan cara periplus , titik-ke-titik survei pesisir. Satu di Eropa, pada dasarnya adalah periplus Mediterania, menggambarkan setiap wilayah secara bergantian, mencapai utara sejauh Scythia. Buku lainnya, tentang Asia, disusun mirip dengan yang versinya abad ke-1 M bertahan. Hecataeus menggambarkan negara-negara dan penduduk dunia yang diketahui, catatan tentang Mesir sangat lengkap; materi deskriptif disertai dengan peta, berdasarkan peta Bumi Anaximander, yang dia koreksi dan perbesar. Karya ini hanya bertahan dalam 374 fragmen, sejauh ini sebagian besar dikutip dalam leksikon geografis Ethnika yang disusun oleh Stephanus dari Byzantium.

  • Peta Bumi Ptolemy (c. 150)
Peta Bumi Kuno
Peta dunia Ptolemeus tertua yang masih ada, digambar ulang menurut proyeksi pertamanya oleh para biarawan di Konstantinopel di bawah Maximus Planudes sekitar tahun 1300 101KFE Assistant | Portal Education News

Teks Geografi Ptolemeus yang masih ada , pertama kali disusun c. 150 , perhatikan bahwa ia melanjutkan penggunaan proyeksi persegi panjang Marinus untuk peta regionalnya sementara menganggapnya tidak sesuai untuk peta seluruh dunia yang diketahui . Sebaliknya, dalam Buku VII karyanya, dia menguraikan tiga proyeksi terpisah tentang meningkatnya kesulitan dan kesetiaan. Ptolemeus mengikuti Marinus dalam meremehkan lingkar dunia; dikombinasikan dengan jarak absolut yang akurat, ini membuatnya juga melebih-lebihkan panjang Laut Mediterania dalam derajat . Oleh karena itu, garis bujur utamanya di Fortunate Isles berada sekitar 10 derajat lebih jauh ke barat Aleksandria daripada yang dimaksudkan, kesalahan yang dikoreksi oleh Al-Khwārizmī setelah terjemahan Ptolemeus edisi Siria ke dalam bahasa Arab pada abad ke-9. Naskah tertua yang masih ada dari tanggal pekerjaan untuk restorasi teks Maximus Planudes sedikit sebelum 1300 di Biara Chora di Konstantinopel (Istanbul); Naskah-naskah yang masih ada dari era ini tampaknya mempertahankan teks-teks teks yang berbeda sejak abad ke-2 atau ke-4. Sebuah bagian dalam beberapa recensions memuji seorang Agathodaemon dengan menyusun peta dunia, tetapi tampaknya tidak ada peta yang bertahan untuk digunakan oleh biksu Planude. Sebaliknya, ia memesan peta dunia baru yang dihitung dari ribuan koordinat Ptolemeus dan disusun sesuai dengan proyeksi pertama dan kedua, bersama dengan peta regional persegi panjang. Salinannya diterjemahkan ke dalam bahasa Latin oleh Jacobus Angelus di Florence sekitar 1406 dan segera dilengkapi dengan peta pada proyeksi pertama. Peta yang menggunakan proyeksi ke-2 tidak dibuat di Eropa Barat sampai edisi Nicolaus Germanus tahun 1466. Proyeksi Ptolemeus yang ke-3 (dan paling sulit) tampaknya tidak digunakan sama sekali sebelum penemuan baru memperluas dunia yang diketahui melampaui titik di mana ia menyediakan format yang berguna.

Trending sekarang :
Apollo 11 : Batu Dengan Huruf C di Atasnya
Peta dunia Latin tahun 1467 Nicolaus Germanus menurut proyeksi ke-2 Ptolemeus, yang pertama diketahui di barat
101KFE Assistant | Portal Education News

Cicero ‘s Dream of Scipio menggambarkan Bumi sebagai bola dunia dengan ukuran yang tidak signifikan dibandingkan dengan sisa kosmos. Banyak manuskrip abad pertengahan dari Macrobius ‘ Commentary on the Dream of Scipio termasuk peta Bumi, termasuk antipoda , peta zona yang menunjukkan iklim Ptolemeus yang berasal dari konsep Bumi bulat dan diagram yang menunjukkan Bumi (diberi label sebagai , bola Bumi) di tengah bola planet yang diatur secara hierarkis.

Content Protection by DMCA.com

Post Disclaimer

Informasi yang terkandung dalam pos ini hanya untuk keperluan informasi umum. Informasi ini disediakan oleh Peta Bumi Kuno dan sementara kami berusaha untuk menjaga agar informasi tetap terbaru dan benar, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan menghormati situs web atau informasi, produk, layanan, atau gambar terkait yang terdapat pada pos untuk tujuan apa pun. 101 Portal Education News

Trending sekarang :
Perintah Rasulullah ﷺ Jika Terjadi Wabah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini