Zona Ekonomi Ruang Angkasa China

48 / 100

Skor SEO

Bumi tampaknya terlalu kecil untuk ambisi ekonomi China. Negara ini punya niat menciptakan zona ekonomi di ruang angkasa pada tahun 2050. Zona baru itu nanti mencakup area ruang di dekat bumi, bulan, dan di antaranya.

Kepala Komisi Sains dan Teknologi di China Aerospace Science and Technology Corporation (CAST), Bao Weimin, mengungkapkannya pekan lalu, seperti dilaporkan Science and Technology Daily, koran milik Kementerian Sains dan Teknologi RRC. CAST merupakan kontraktor utama untuk program luar angkasa nasional China. Menurut para pakar industri, proyek ini akan menghasilkan sekitar US$10 triliun untuk negara ini.

Dalam sebuah laporan tentang pengembangan zona bumi dan bulan, Bao mengatakan, medan di dekat bumi, bulan, dan di antaranya memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Karena itu, China harus mempelajari sistem transportasi luar angkasa yang andal dan murah antara bumi dan satelitnya.

Teknologi dasar akan selesai pada tahun 2030. Sementara, teknologi transportasi utama akan dibuat sepuluh tahun setelah itu. Pada pertengahan abad ini, China berhasil membangun zona ekonomi ruang angkasa, kata pejabat itu, dikutip RT, Senin (04/11/2019).

Baca Juga :  Ilmuwan Muslim Penemu Aljabar Al-Khawrizmi

China berhasil mengembangkan sektor luar angkasa dengan cepat dan mempelajari bulan dalam beberapa tahun terakhir. Juli lalu, perusahaan swasta i-Space (dikenal sebagai Beijing Interstellar Glory Space Technology) sukses meluncurkan roket pengangkut dalam misi orbit pertamanya.

Pada tanggal 3 Januari lalu, China meluncurkan pesawat robotik Chang’e 4 dan berhasil mendaratkan penjelajahnya di sisi yang jauh dari bulan. Chang’e 4 merupakan bagian dari fase kedua 321Bulan China.

Sebelumnya, pada bulan Mei 2018, China meluncurkan satelit komunikasi relay, Queqiau, ke orbit halo dekat bumi-bulan. Pada tanggal 7 Desember 2018, pesawat robot dan Yutu 2 diluncurkan dan berhasil masuk ke orbit bulan lima hari kemudian, sebelum akhirnya mendarat di bulan.

Liked it? Take a second to support 101 Kesalahan Flat Earth Indonesia on Patreon!

Content Protection by DMCA.com
 
%d blogger menyukai ini: